MGMP PJOK Subrayon  04 Jatisrono Sukses Selenggarakan KKG Paket 1

Kegiatan MGMP PJOK merupakan wadah bagi seluruh guru olahraga di kabupaten Wonogiri untuk saling bersilaturahmi, bertukar ide dan pemikiran yang bertujuan untuk memajukan pendidikan serta prestasi olahraga di Kabupaten Wonogiri. Dalam masa pandemi kegiatan MGMP PJOK Subrayon 04 Jatisrono dilaksanakan secara daring atau online. Mengusung tema “Pengembangan Silabus dan RPP” kegiatan ini dipandu oleh Sri Hartono guru SMP Negeri 1 Jatisrono sebagai host dan Bambang Tetuko guru SMP Negeri 3 Sidoharjo selaku moderator Materi disampaikan oleh 2 orang narasumber yaitu Ninuk Dwi Sutartini (Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri) dan Sapto Priyono (Ketua MGMP PJOK Rayon Kabupaten Wonogiri). Kegiatan tersebuat akan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali pertemuan yaitu pertemuan 1, Sabtu ,20 Maret 2021, pertemuan 2, Sabtu, 27 Maret 2021 dan pertemuan 3, Sabtu, 03 April 2021.

Ninuk Dwi Sutartini, menyampaikan tentang salah satu tugas, pokok , dan fungsi sebagai pendidik. Pendidik yang professional guru harus mampu menyusun perangkat pembelajaran, khususnya penyusunan Pengembangan silabus dan RPP. Dalam Kegiatan ini  disampaikan bahwa seorang guru PJOK harus mampu menyusun perangkat pembelajaran yang telah disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekolah masing – masing. Narasumber kedua Sapto Priyono, menyampaikan tentang analisis KI dan KD. Narasumber juga menyampaikan tentang kenaikan pangkat bagi guru PJOK di Kabupaten Wonogiri. Kunci sukses menjadi guru meliputi 3 aspek yakni sukses administrasi, sukses pembelajaran, dan sukses karier.Tak lupa narasumber juga memberikan motivasi bahwa yang mau berusaha akan menemukan jalan kesuksesan.

Setelah mengikuti kegiatan KKG paket 1 ini guru PJOK diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pedagogi dan profesional.  Khusus di masa pandemi, sebagai seorang guru harus bisa memilih materi  pembelajaran yang bersifat essensial sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Secara profesional, guru diharapkan terus berkarya dan tidak putus semangat untuk selalu meningkatkan kemampuan agar lebih baik dalam karier.