MGMP PAI SR 05 Purwantoro Gelar KKG Bedah Silabus dan RPP Masa PJJ

MGMP PAI Sub Rayon 05 Purwantoro pada hari Selasa, 9 Februari 2021 mulai pukul 07.30 sampai pukul 12.00 WIB. mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) melalui aplikasi Zoom. Rencana awal kegiatan ini menggunakan Microsoft Teams, namun di tengah jalan beberapa peserta tidak bisa login karena terkendala bandwith internet yang kecil, maka host segera mencari alternatif lain dan kebetulan room yang bisa dimasuki peserta adalah dengan menggunakan aplikasi Zoom. Host sebenarnya juga telah menyiapkan room di Google Meet dan Cisco Webex sebagai alternatif manakala terjadi kendala tak terduga ketika meeting  tidak berjalan normal lagi.

Menurut Santoso, Ketua MGMP PAI SR 05 Purwantoro yang juga ketua Tim Kreatif Konten Pendidikan dan Pembelajaran Tingkat Sub Rayon 05 Purwantoro, KKG yang dilakukan merupakan kegiatan perdana di tahun 2021 ini. MGMP PAI SR 05 merencanakan 5 paket Kegiatan Kolektif Guru yang setiap paketnya direncanakan 3 kali pertemuan. KKG Paket 1 membahas Silabus dan RPP PJJ, paket 2 membahas model pembelajaran di masa PJJ, paket 3 membahas media penilaian online, paket 4 membahas media pembelajaran, dan paket 5 membahas publikasi ilmiah di media massa. Pada setiap pertemuan ada tambahan materi sisipan diantaranya pembuatan flyer dengan Powerpoint, mail merge Word Excel untuk berbagai keperluan pembelajaran, setting Whatsapp auto respons untuk penilaian, pembuatan video pembelajaran dengan Kinemaster, Plotagon, Camtasia/Filmora, animasi dengan Adobe Mango Animation, pembuatan aplikasi android berekstensi .apk dengan Smart Apps Creator / Kodular dan Nonosoft untuk menulis font Arab. Semua materi sisipan tersebut telah disiapkan oleh Santoso, Guru PAI SMPN 1 Bulukerto berikut dengan aplikasi yang dibutuhkan.

Pada pertemuan perdana tersebut, Santoso juga menyampaikan hasil rapat koordinasi antara ketua MGMP dan MKKS SR.05 pada hari Senin, 8 Februari 2021. Dimana ketua MKKS SR.05, M.Ichwan Effendi menegaskan kembali bahwa guru harus bersinergi dengan Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri, dimana guru diharapkan, 1)menguasai IT; 2) Disiplin dalam tugas; 3) Menguasai kompetensi guru secara seimbang baik Pedagogi, Kepribadian, Profesional maupun Sosial; 4) Responsif. Di samping itu dalam rakor MKKS dengan MGMP SR.05 juga dibahas tentang persiapan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas 7, 8, dan 9 yang direncanakan dilaksanakan secara luring dengan shift dan protokol kesehatan ketat sekitar tanggal 8-13 Maret 2021. Uji coba Ujian Sekolah tingkat sub rayon dan rayon untuk kelas 9, Ujian Sekolah Praktik, dan Ujian Sekolah Tulis, serta Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Siswanto, Guru PAI SMPN 4 Purwantoro selaku narasumber memaparkan regulasi tentang pengembangan silabus masa PJJ dan pedoman penyusunan RPP beserta contoh Silabus dan RPP yang dapat diunduh di portal dinas P dan K Kabupaten Wonogiri. Diantara regulasi yang disampaikan adalah Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 sebagai Revisi KI dan KD Kurikulum 2013 tahun 2019; Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang pedoman penyusunan RPP, SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19, Juknis Penyelenggaraan Pembelajaran PAI di Sekolah pada Masa Kebiasaan Baru Nomor 3451 Tahun 2020.