MGMP Matematika Wonogiri Gelar Diklat Video Pembelajaran

MGMP Matematika SMP Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan pertemuan lanjutan Diklat Pembuatan Video Pembelajaran (kegiatan Inservice-3) secara virtual melalui Microsoft Teams pada Rabu, 24 Maret 2021. Siti Zulaiha selaku host membuka kegiatan pada pukul 09.00 WIB yang sebelumnya sudah memberikan rambu-rambu jalannya webinar, selanjutnya kendali acara diserahkan kepada Suyatmi selaku moderator. Mengawali acara dengan berdoa bersama dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya.

Rohmad, Selaku Koordinator MGMP Matematika SMP Kabupaten Wonogiri, dalam sambutannya berpesan kepada peserta agar mengikuti kegiatan bukan sekadar memenuhi kewajiban hadir, akan tetapi dimanfaatkan untuk mengembangkan diri sehingga memberikan dampak pada pembelajaran yang menyenangkan pada siswa. Hal ini dikarenakan pelajaran Matematika masih menjadi salah satu mata pelajaran yang tidak diminati siswa, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Diperlukan terobosan-terobosan yang bisa menyenangkan siswa salah satunya membuat video pembelajaran sehingga siswa mudah mengerti.

Fajar Prihattanto selaku narasumber pada kegiatan ini, memaparkan materi Diklat Pembuatan Video Pembelajaran yang akan dibahas pada ksempatan kali ini antara lain software editing, langkah-langkah editing, praktik editing dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pada paparan software editing Fajar memberikan beberapa contoh software editing yang bisa dipilih untuk membuat membuat video pembelajaran. Peserta diberikan kebebasan memilih software editing baik, filmora, filmorago, shotcut, icecream, kinemaster maupun canva disesuaikan dengan kebutuhan. Dilanjutkan dengan menjelaskan langkah-langkah editing dimulai dengan pengelolaan file, buka aplikasi, sambung potong hapus, tambah efek diakhiri dengan render. Secara lebih jelas peserta dipandu dalam penyiapan pembuatan video mulai dari awal, termasuk persiapan software dengan memberikan contoh langkah-langkah download, instalasi software di komputer dan penggunaan software.

Diakhir kegiatan, Moh. Fatchurohman Al Fatah selaku ketua panitia kegiatan mengucapkan terimakasih kepada peserta atas partisipasi dan atensinya selama tiga kali kegiatan inservice dan dua kegiatan onservice, sehingga kegiatan bisa berjalan lancar. Lebih lanjut beliau mengingatkan kembali bahwa masih ada tagihan yang harus diselesaikan secara mandiri oleh peserta sebagai hasil akhir kegiatan diklat yaitu hasil pembuatan video pembelajaran sebagai syarat penerbitan sertifikat.