MGMP Matematika Subrayon 03 Review RPP PBL & Discovery Learning

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Subrayon 03 Baturetno menyelesaikan Paket 1 Kegiatan Kolektif Guru (KKG) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, berturut-turut pada tiap hari Rabu tanggal 2, 9 dan 16 Februari 2022. Dengan demikian, MGMP Matematika SR 03 Baturetno telah merampungkan 1 dari 5 paket kegiatan yang telah direncanakan pada tahun 2022 ini.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan sebelumnya dan dilaksanakan secara virtual yang diikuti oleh 68 guru dari 71 guru Matematika se-subrayon 03 dan berlangsung dengan lancar mulai pukul 08.30 sampai dengan 11.30. Dalam sambutannya guna membuka kegiatan ini, Joko Sukaryatmo selaku Ketua 2 MGMP Subrayon 03 Baturetno, menyampaikan pesan agar seluruh guru Matematika di subrayon 03 ini selalu bersungguh-sungguh dalam mengikuti Kegiatan Kolektif Guru (KKG), baik yang sudah PNS maupun yang belum, baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta dan juga bapak ibu guru yang saat ini sudah dinyatakan lolos P3K. Selain itu, Joko Sukaryatmo juga berharap agar KKG ini dapat digunakan sebagai wahana untuk saling saling belajar bagi sesama guru Matematika, baik belajar tentang strategi pembelajaran maupun tentang konsep materi Matematika itu sendiri, sehingga kompetensi profesional guru selalu menunjukkan peningkatan dari waktu ke waktu. Terlebih lagi bagi para guru yang sudah sepuh dengan kemampuan IT yang justru kalah dengan kemampuan para siswanya.

Dalam kegiatan inti yaitu Review RPP yang dipandu oleh Yusuf Purwadi, peserta secara bersama-sama mengupas tiga buah RPP hasil karya peserta yang telah dipresentasikan. Peserta antusias dalam berdiskusi guna mengupas kekurangan maupun kelebihan yang ada pada RPP tersebut. Beberapa hal yang menjadi sorotan peserta diantaranya adalah: (1) aktifitas guru dan siswa pada kegiatan pendahuluan yang mencakup orientasi, apersepsi dan motivasi; (2) Penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) khusus pada domain keterampilan,  sampai dengan penyusunan soal yang sesuai dengan indikator yang telah dibuat; (3) Penyusunan tujuan pembelajaran yang belum menunjukkan degree; (4) Mengkritisi bahan ajar yang termuat pada RPP yang bersumber pada buku Paket (Kementerian) dan (5) durasi alokasi waktu tatap muka yang tidak menentu  pada saat ini karena pandemi.

Mengakhiri kegiatan review ini, Yusuf Purwadi selaku pemandu kegiatan mengajak seluruh peserta untuk memedomani apa yang sudah disepakati bersama tentang hal-hal yang menjadi sorotan tersebut. Selain itu juga berharap agar apa yang sudah diperoleh saat ini dapat ditindaklanjuti dengan menerapkannya pada penyusunan RPP dengan materi atau tingkat kelas yang berbeda.

Kegiatan kali ini juga dihadiri oleh Moch. Fathurrahman Al Fatah selaku ketua MGMP Matematika Rayon Wonogiri dan memberikan arahan agar seluruh peserta selalu ikut aktif dalam Kegiatan Kolektif Guru, tidak cukup hanya dengan hadir saja, namun peserta wajib menyelesaikan tugas tagihannya dari KKG paket 1 sampai dengan paket 5. Beliau juga sangat mengharapkan agar melalui KKG ini, guru-guru Matematika di Subrayon 03 dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dalam peningkatan kompetensinya sebagai guru maupun pemerolehan angka kredit guna kenaikan jenjang kepangkatannya.