MGMP Matematika SR 05 Purwantoro  Laksanakan Workshop Percepatan PMM

MGMP Matematika SMP Subrayon 05 Purwantoro melaksanakan workshop percepatan program Platform Merdeka Mengajar (PMM) Tahun 2022. Kegiatan dihadiri oleh oleh Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Slamet Riyadi dan Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro,  Sri Sudaryanto. Kegiatan ini bertujuan memenuhi tuntutan guru dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk guru matematika SMP di wilayah subrayon 05 Purwantoro.

Kegiatan diawali Sambutan Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro, Sri Daryanto. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada MGMP Matematika SMP Subrayon 05 Purwantoro yang  melaksanakan kegiatan worshop percepatan program PMM di SMP Negeri 3 Purwantoro yang lokasinya di pojok paling timur Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri. Beliau berharap semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi guru Matematika SMP dalam memenuhi tuntutan untuk pemanfaatan PMM khususnya di subrayon 05 Purwantoro dan semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Sambutan kedua oleh Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Slamet Riyadi, sekaligus sebagai Narasumber dalam kegiatan ini. Beliau memaparkan tentang capaian Kabupaten Wonogiri dalam pemanfaatan PMM. Kemudian beliau menyampaikan agar setiap guru mengikuti percepatan program PMM melalui MGMP. Beliau kemudian menjutkan menyampaikan materi tentang PMM mulai dari kepemilikan akun belajar.id, instal PMM di android, pengenalan fitur di PMM, serta bagian yang harus diselesaikan guru diantara yaitu pada bagian pelatihan mandiri agar diselesaikan sepenuhnya sampai dalam aplikasi tercentang warna hijau.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Nyoto, Pengurus MGMP Matematika SMP Rayon Kabupaten Wonogiri. Beliau membimbing peserta dalam pemanfaatan aplikasi PMM, mulai dari mengenalkan fitur sekaligus bersamaan dengan itu peserta menggunakan Android masing-masing mengikuti petunjuk dari narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan memfokuskan untuk menyelesaikan pelatihan mandiri dengan memandu langkah demi langkah sampai semua tercentang hijau.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan baik, diikuti dengan  penuh antusias oleh seluruh peserta nampak pada kegiatan workshop peserta berusaha maksimal menyelesaikan setiap topik yang ada dan bersamaan dengan itu berlangsung diskusi yang aktif diantara  peserta dengan narasumber. Pada akhir materi narasumber memotivasi peserta selalu semangat dalam mengikuti kegiatan percepatan PMM dan untuk pertemuan pertama ini  bisa menyelesaikan pelatihan mandiri minimal 4 topik dengan melanjutkannya di rumah dan atau di sekolahnya masing-masing.