MGMP Matematika SR 02 Selenggarakan Percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) 

MGMP Matematika SR 02 selenggarakan Percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Pelatihan Mandiri kurikulum merdeka. Kegiatan ini diikuti anggota KKG Matematika se sub rayon 02 Wuryantoro pada Rabu, 14 September 2022 pukul 09.00 sampai 12.00. Bertindak sebagai pembawa acara, Siti Masrifatun Na’im membuka kegiatan dengan berdo’a bersama. Acara berikutnya sambutan ketua MGMP Matematika SR 02, Edi Suranto. Dalam sambutannya beliau selalu memotivasi anggota KKG untuk selalu semangat mengikuti kegiatan KKG terutama mengenai PMM. Tujuan Kegiatan KKG kali ini supaya guru bertambah wawasannya dalam mempelajari  PMM dan nantinya bisa diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran mencapai hasil yang maksimal. 

Acara selanjutnya penyampaian materi oleh Edi Suranto tentang PMM, diantaranya adalah Video Aplikasi, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas Belajar, Asesmen Murid, Perangkat Ajar, dan Kurikulum Merdeka. Setelah cukup mendapatkan informasi, beliau mengajak semua peserta KKG dengan menggunakan HP untuk membuka aplikasi Merdeka Mengajar. Kemudian salah satu yang akan dipelajari pada KKG ini adalah Pelatihan Mandiri terdiri dari 9 topik antara lain Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B, Asesmen SMP/SMA-SMK/Paket B-C, Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA/Paket B-C, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/Paket B, Disiplin Positif, dan Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka. 

Peserta KKG antusias mengikuti Pelatihan Mandiri topik Merdeka Belajar dan Kurikulum Merdeka di PMM. Peserta mulai mempelajari modul ajar, refleksi, dan mengerjakan post test. Untuk aksi nyata dikerjakan di Sekolah masing-masing. Dikarenakan aksi nyata salah satu persyaratan mendapatkan sertifikat diharapkan anggota KKG melaksanakannya sehingga sertifikat dapat terbit. Pertemuan yang akan datang melanjutkan pelatihan mandiri topik yang lain. Diharapkan dalam waktu satu bulan 9 topik di Pelatihan Mandiri selesai. Selanjutnya acara ditutup dengan bacaan hamdalah.