MGMP Matematika SMP Subrayon 05 Kabupaten Wonogiri    Kebut Aksi Nyata

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Subrayon 05 Purwantoro mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Rabu, 25 Januari 2023 di Ruang Pertemuan SMP Negeri 3 Purwantoro. Kegiatan ini sekaligus pelaksanaan Paket 1 KKG pertemuan ke-1 dengan tema pembuatan Aksi Nyata PMM.  Kegiatan diikuti  30 Guru mata pelajaran Matematika SMP Negeri dan Swasta se-subrayon 05 Purwantoro. Kegiatan ini merupakan pertemuan 1 paket 1  KKG dengan agenda Pembuatan Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar. Kegiatan diawali Sambutan Kepala SMP Negeri 3 Purwantoro, Agus Riyanto, menyampaikan pentingnya mengikuti KKG bagi guru untuk memenuhi pengembangan diri dalam Pengembangan Karier Guru. KKG  juga berfungsi sebagai tempat guru untuk melakukan sharing.

Sambutan kedua Ketua MGMP Subrayon 05 Purwantoro, Nyoto, dalam sambutannya beliau mengapresiasi kehadiran peserta yang telah menyempatkan hadir dan mengikuti kegiatan. Beliau juga menyampaikan bahwa MGMP merupakan tempat untuk bersilaturahmi, berbagi, bertukar pengalaman dan juga untuk mengembangkan potensi guru sehungga berdampak positif bagi guru, bagi peserta didik sehingga dapat memajukan pendidikan khususnya di subrayon 05. Materi KKG Paket 1 Pertemuan 1 disampaikan Muhammad Ichwan Effendi, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Materi  KKG Paket 1 dengan tema Pembuatan Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar. Beliau mengawali dengan memaparkan tentang progres Platform Merdeka Mengajar Kabupaten Wonogiri. Beliau juga menyampaikan tentang rapor Pendidikan yang sangat dibutuhkan dalam perencana berbasis data pada satuan pendidikan.

Pada pembuatan aksi nyata platform merdeka mengajar dibutuhkan 4 komponen yang harus dipenuhi yaitu diskripsi, dokumentasi, refleksi dan feedback. Komponen tersebut dijelaskan dari topik 1 sampai topik 12 pelatihan mandiri PMM. Beliau menyampaikan jika keempat komponen tersebut dipenuhi maka dapat dipastikan akan mendapatkan sertifikat pelatihan mandiri. Kegiatan berakhir pukul 12.00 dan akan dilanjutkan dengan pertemuan kedua, Rabu, 1 Februari 2023 di SMP Negeri 1 Slogohimo.