MGMP Matematika SMP Sub Rayon 05 Purwantoro Adakan Webinar Silabus Masa Pandemi untuk Memaksimalkan  PJJ

Webinar penyusunan silabus dilaksanakan Rabu, 10 Februari 2021 pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB diikuti oleh semua guru matematika SMP di Sub Rayon 05 Purwantoro dengan menggunakan Microsoft teams.

Tri Irianto, S. Pd Koordinator MGMP Matematika Sub Rayon 05 Purwantoro dalam sambutannya manyatakan bahwa kegiatan penyusunan silabus merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun,namun dari tahun ke tahun pasti ada perubahan dan perlu ada revisi. Setelah kegiatan ini sebaiknya dilakukan kegiatan MGMP di satuan pendidikan masing masing sehingga dapat menghasilkan silabus yang berkualitas. Nyoto, S. Pd dalam sambutannya mengatakan karena dalam masa pandemi maka silabus yang digunakan adalah silabus Pembelajaran Jarak Jauh sehingga sinkron dengan RPP dan LKPD yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Menurut Slamet Riyadi, S. Pd, M. Pd sebagai narasumber dalam pengembangan silabus hal yang tidak boleh diubah adalah Kompentensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar( KD). Silabus dan RPP yang digunakan saat ini adalah silabus masa pandemi yang mana dasar pengembangan silabus adalah Permendikbud No 37 Tahun 2018.

Beliau juga mengatakan dalam penggunaan model pembelajaran harus sesuai dengan sintaksnya dan harus urut dalam setiap kegiatan pembelajaran. Jika sebagai pendekatan pembelajaran maka sintaks tidak harus urut. Sebagai contoh jika Probem Based Learning (PBL) ditempatkan sebagai model maka dalam melaksanakan sintaksnya harus urut, akan tetapi jika PBL ditempatkan sebagai sebuah pendekatan pembelajaran maka dalam melaksanakan sintaksnya tidak harus urut dalam setiap tahapannya.

Slamet Riyadi, S.Pd, M.Pd juga menambahkan hal yang terpening lebih baik mencoba mengembangkan silabus walaupun itu masih salah, dari pada tidak sama sekali karena pada prinsipnya guru boleh salah tapi tidak boleh bohong. Karena suatu kesalahan jika menyadari akan ada perbaikan, sebaliknya jika berbohong maka untuk memperbaiki membutuhkan waktu yang lama karena orang cenderung akan berbohong lagi untuk menutupi kebohongan sebelumnya.

Dalam webinar ini Deny Ella Herawati, S. Pd, Guru SMPN 2 Puh Pelem memaparkan hasil silabus yang telah dikembangkannya begitupun Eka W, S. Pd, Guru SMP N 1 Purwantoro. Silabus yang dipaparkan tersebut didiskusikan bersama sama peserta dan dengan narasumber sehingga ada perbaikan,masukan dan penyempurnaan dengan harapan silabus yang dikembangkan tersebut lebih baik dan dapat memaksimalkan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi.