MGMP Matematika SMP Selenggarakan Diklat Pembuatan Video Pembelajaran Pertemuan ke-2

MGMP Matematika SMP Kabupaten Wonogiri pada Rabu, 17 Maret 2021 menyelenggarakan pertemuan lanjutan Diklat Pembuatan Video Pembelajaran ( kegiatan IN-2) secara virtual melalui Microsoft Teams. Siti Zulaiha selaku host membuka kegiatan pada pukul 8:00 WIB, selanjutnya kendali acara diserahkan kepada Suyatmi selaku moderator. Mengawali acara dengan berdoa bersama dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 Stansa.

Apresiasi disampaikan Moh. Fatchurohman Al Fatah selaku Ketua Panitia kepada peserta Diklat atas partisipasi dan antusiasmenya. Dilihat dari pertemuan sebelumnya, sebanyak 158 guru matematika mengikuti kegiatan secara aktif selama kegiatan diklat berlangsung terutama pada sesi tanya jawab. Dan juga pada pertemuan IN-2 ini sampai pada saat dilaporkan telah bergabung dalam meeting sebanyak 142 peserta. Beliau juga mengingatkan kembali bahwa kegiatan Diklat dilaksanakan dengan 3 in service, 2 on service serta peserta membuat video pembelajaran sebagai tugas diklat. Ending dari kegiatan ini memberikan dampak positif pada pendidikan di Wonogiri imbuhnya.

Yuli Bangun Nursanti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dalam sambutan dan arahannya menginginkan dari kegiatan ini guru matematika menjadi berpengetahuan, terampil didalam menjalankan tugas. Sehingga mempunyai sikap yang baik, tanggung jawab, mandiri, kreatif, dan inovatif akan menjadikan budaya dan karakter guru yang selanjutnya akan menginspirasi anak didik. Beliau juga memaparkan materi PKB dengan harapan  agar lebih banyak guru matematika (makin) professional, sebagai guru professional diberi penghargaan diantaranya kenaikan pangkat/golongan.  Lebih lanjut beliau menjelaskan PermenpanRB No.16 Tahun 2009 tentang Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB), macam pengembangan profesi guru, jenis pengembangan diri dan macam publikasi ilmiah. Dalam setiap perubahan kurikulum ada perubahan pada guru yaitu siklus antara educational objectives, educational experiences dan evaluation procedure.

Materi diklat pertemuan pertama yaitu langkah-langkah pembuatan video pembelajaran antara lain pembuatan scenario, penyiapan konten, shooting dan recording, editing serta peralatan baik hardware maupun software diulas kembali oleh Fajar Prihartanto (Tim TPKPP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri) selaku narasumber. Pada pertemuan kedua kali ini narasumber menjelaskan tentang materi persiapan konten. Tujuan persiapan konten adalah untuk memudahkan proses editing, memudahkan pengelompokkan jenis file, mengecek kekurangan. Konten yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan video pembelajaran antara lain video, materi sesuai dengan kurikulum, gambar, musik dan narasi. Shooting dan recording yang mana dalam langkah ini perlu diperhatikan mengatur pencahayaan, penggunaan alat penyangga, aba-aba, suara jelas, penguasaan acting, dan memperhatikan sinematografi papar Fajar Prihartanto lebih lanjut.