MGMP Matematika SMP Gelar Pembukaan KKG Tahun 2022

MGMP Matematika SMP Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 Kabupaten Wonogiri Gelar pembukaan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Tahun 2022. Kegiatan KKG pertemuan ke-1 ini mengambil tema pembuatan bahan ajar.  Kegiatan ini dilaksanakan secara daring mengunakan flatform microsoft teams dan dihadiri  Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Retno Puspitorini mewakili Kepala Dinas P dan K Kab. Wonogiri, Ketua dan pengurus MGMP Matematika SMP Rayon, Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi tuntutan peningkatan kompetensi guru dalam karirnya dan meningkatkan komptensi guru dalam memberikan layanan terbaik pada pendidikan di Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan diawali sambutan Ketua MGMP Matematika SMP Rayon Moh Fatchurrohman Al Fatah. Beliau menyampaikan KKG MGMP Matematika SMP Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 Kabupaten Wonogiri direncanakan dalam 5 paket meliputi   pembuatan perangkat pembelajaran, penyusunan materi ajar, kupas tuntas AKM  Numerasi, pemanfaatan IT dalam pembelajaran matematika dan pembuatan alat peraga sebagai karya inovatif. Tujuan pelaksanaaan kegiatan tersebut supaya  guru dapat memahami materi inti kegiatan kolektif guru kemudian mengimplementasikannya dalam praktik pembelajaran di sekolah masing-masing serta untuk kepentingan PKB guru baik pengembangan diri, publikasi ilmiah atau karya inovatif dalam rangka memajukan pendidikan di Wonogiri.  Kegiatan ini diikuti 264 peserta meliputi subrayon 01 sebanyak 67 peserta, subrayon 02 sebanyak 31 peserta, subrayon 03 sebanyak 72 peserta, subrayon 04 sebanyak 52 peserta dan subrayon 05 sebanyak 42 peserta. Beliau berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dari semua paket dengan baik.

Sambutan kedua oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri yang diwakili oleh Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Wonogiri  Retno Puspitorini sekaligus membuka KKG MGMP Matematika SMP Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 Kabupaten Wonogiri tahun 2022. Dalam sambutanya beliau menyampaikan agar senantiasa menjaga protokol kesehatan karena situasi pandemi covid 19 belum sepenuhnya mereda.  Selanjutnya beliau memberikan apresiasi kepada MGMP Matematika termasuk yang paling  awal dan terdepan dalam pelaksanaan KKG MGMP SMP di Kabupaten Wonogiri pada  tahun 2022. Beliau memberikan apresiasi atas kebersamaan dan kekompakan MGMP matematika baik yang PNS ataupun non PNS.

Kemudian  tentang adanya regulasi SKP bagi guru agar MGMP Matematika bisa mengikuti dan menyesuaikan regulasi tersebut. Beliau juga memberikan motivasi agar MGMP matematika  turut andil dalam program guru penggerak.  Diakhir sambutan  mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri beliau membuka KKG MGMP Matematika SMP Kabupaten Wonogiri.

Materi KKG Paket 1 Pertemuan pertama disampaikan Slamet Riyadi. Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Materi  KKG Paket 1 dengan tema pembuatan perangkat pembelajaran difokuskan pada penyusunan RPP  dengan dua metode pembelajaran yaitu problem based learning dan discovery learning. Beliau mengawali dengan memaparkan tentang 2 metode pembelajaran tersebut, kemudian kaidah penulisan tujuan pembelajaran, dilanjutkan dengan sintak kedua metode pembelajaran dilanjutkan dengan memaparkan format RPP dan sekaligus contoh RPP dilanjutkan dengan penyusunan RPP awal secara ringkas serta presentasi RPP oleh beberapa perwakilan guru.

Seluruh peserta nampak antusias, pada saat sesi diskusi dan presentasi RPP peserta aktif dalam kegiatan tersebut. Kegiatan berjalan dengan lancar dipandu oleh moderator  Ermi Suprihatin guru SMP Negeri 3 Bulukerto dibantu oleh host Edy Yuwantoro guru SMP Negeri 1 Purwantoro. Pada akhir penyampaian  materi,  narasumber memberikan motivasi kepada peserta untuk mengikuti kegiatan KKG  dengan baik dan menyusun RPP pada pertemuan kedua di subrayon masing-masing.