MGMP Matematika Rayon Wonogiri Gelar Diseminasi Platform Merdeka Mengajar dan IKM

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Rayon Wonogiri sukses menggelar Diseminasi Platform Merdeka Mengajar dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Rabu, 29 Juni 2022 di Ruang Pertemuan Alami Sayang. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai standar pelaksanaan. Pada pukul 08:30 WIB kegiatan dimulai dipandu oleh pembawa acara. 

Sejumlah 111 peserta guru Matematika Kelas 7 mengikuti Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Dan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan tujuan memberikan bekal menyongsong penerapan Kurikulum Merdeka mulai tahun pelajaran 2022/2023. Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 ruang pertemuan dengan pertimbangan efektivititas   capaian kegiatan. 

Asih Budi Utami selaku Koordinator MGMP Matematika Kabupaten Wonogiri dalam sambutannya mengapresiasi antusiasme peserta serta memberikan motivasi agar dalam mengikuti diseminasi dapat memberikan gambaran dan pengetahuan dalam menyongsong Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Moh. Fatchurohman Al Fatah, selaku narasumber materi Implementasi Kurikulum Merdeka menyampaikan bahawa Indonesia mengalami krisis pembelajaran yang berlangsung sejak lama dan belum membaik dari tahun ke tahun. Dari studi-studi baik nasional maupun internasional salah satunya PISA menunjukkan bahwa banyak siswa kita yang tidak mampu memahami bacaan sederhana atau menerapkan konsep dasar matematika. Yang diperparah dengan kurang efektifnya pembelajaran selama pandemi. Pengembangan dan penetapan Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan nasional yang dilakukan secara bertahap untuk memastikan bahwa desainnya sudah tepat untuk mendorong transformasi pembelajaran di sekolah  dan daerah yang beragam. Keunggulan-keunggulan penerapan Kurikulum Merdeka antara lain: lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, serta lebih relevan dan interaktif. 

Selain itu beliau juga menyampaikan secara detail tentang materi pengembangan bahan ajar yang memuat capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar. Modul ajar merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.  

Siti Zulaiha, selaku narasumber yang menyampaikan materi Platform Merdeka Mengajar mengajak peserta untuk menyelami isi dari aplikasi Merdeka Mengajar yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek.  Di dalamnya memuat kumpulan konten projek dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila, pengembangan guru, dan kegiatan belajar mengajar. Peserta diajak untuk mensimulasikan fitur asesmen murid, seluruh peserta terlibat aktif dan antusias dalam menjalankan aplikasi. Hal ini menggambarkan kesiapan guru matematika dalam menyongsong pelaksanaan Kurikulum Merdeka di Kabupaten Wonogiri.