MGMP Matematika Meningkatkan Antusias Belajar Siswa dengan Diktat Pembelajaran

MGMP Matematika Subrayon 01 Wonogiri mengadakan KKG Paket 2 pertemuan ketiga dengan tema ”Tingkatkan Antusias Belajar Siswa dengan Diklat Pembelajaran“. KKG dilaksanakan secara virtual melalui Microsoft Teams  pada Rabu, 30 Maret  2022 diawali dengan host, Sri Rejeki, guru SMPN 1 Selogiri menyapa peserta KKG di room meeting. mengawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Beliau berharap semoga KKG ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi peserta sebagai guru dan juga peserta didik. 

Sambutan pertama disampaikan oleh Koordinator Matematika Subrayon 01, Widodo. Beliau berharap walaupun pembelajaran belum bisa dilaksanakan secara tatap muka tetapi sebagai guru harus memberikan yang terbaik untuk peserta didik. Harapan semua pihak bahwa pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun ini segera berlalu. Beliau juga berharap selama pandemi ini kegiatan MGMP tetap berlangsung walaupun secara daring. Kedepannya direncanakan kegiatan MGMP secara tatap muka, dengan tujuan mengenal lebih dekat sesama rekan guru Matematika dan bisa saling bertukar ilmu dan informasi. 

Sambutan berikutnya oleh Gatot Wibowo dari SMPN 5 Wonogiri selaku Ketua MGMP Matematika Subrayon 01. Beliau mengajak peserta untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat kesehatan dan kesempatan sehingga pada hari ini masih diberi kesempatan untuk melaksanakan KKG walaupun secara daring. Pengurus telah merencanakan KKG secara luring minimal dua kali dalam lima paket. Beliau menyarankan bapak/ibu guru yang belum vaksin booster untuk segera vaksin booster. Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa pertemuan kali ini adalah pertemuan terakhir paket 2, dengan agenda presentasi diktat pembelajaran. Bahwa diktat yang akan disampaikan pada kesempatan ini adalah diktat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2006 yang sudah dinilaikan. Untuk contoh diktat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 akan dishare di WAG. Terakhir beliau berpesan untuk peserta KKG tidak lupa untuk absen karena presensi akan dikirim ke Dinas Pendidikan. 

Acara selanjutnya adalah presentasi dengan moderator Didik Meiyono, guru SMP IT Al Huda Wonogiri. Presentasi pembuatan diktat pembelajaran yang dipaparkan oleh Ronas Anjarwati dan Lusita Indriaswati dari SMP Negeri 1 Ngadirojo. Kedua penyaji memaparkan pembuatan diktat pembelajaran  yang runtut dimulai dari bagian depan yaitu cover, halaman pengesahan, surat keterangan, surat pernyataan keaslian, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi  terdiri atas materi yang akan disampaikan pada semester tersebut. Misalnya Bab 1 terdiri atas A. Judul, bab. B. Tujuan, C. Materi. Pada bagian materi diberikan juga contoh soal dan latihan soal. Bagian Penunjang berisi daftar pustaka dan biodata penulis. Kedua narasumber juga berbagi pengalaman dengan menyampaikan trik-trik agar diktat pembelajan mendapat nilai angka kredit. 

Pada sesi tanya jawab, Didik Meiyono menanyakan kapan buku diktat dinilaikan dan cakupan materi pada buku diktat. Pertanyan dijawab oleh Ronas Anjarwati bahwa diktat pembelajaran dinilaikan ketika buku diktat digunakan pada semester tersebut dan materi pada diktat adalah materi yang diajarkan dalam satu semester.  

Sri Rejeki selaku host menutup kegiatan ini dan memotivasi seluruh peserta KKG  agar kedepannya lebih berpartisipasi dalam mengikuti KKG yang bermanfaat bagi guru sebagai tenaga pendidik dan kemajuan pendidikan Matematika di Kabupaten Wonogiri.