MGMP IPS Subrayon 04 Gelar KKG Penyusunan PTK

MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono kembali menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG)  dengan materi “Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)” pada Rabu (11/5/2022) bertempat di Aula SMP Negeri 1 Sidoharjo. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan paket ke-4 pertemuan pertama, dilakukan secara luring (tatap muka) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yaitu penggunaan masker, cuci tangan sebelum kegiatan, penggunaan hand sanitizer dan pengaturan tempat duduk dengan jaga jarak. Kegiatan diikuti oleh 43 peserta anggota MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono.

Acara dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan pembukaan oleh pembawa acara B. Eni Budiarsi (Guru SMP Negeri 1 Jatisrono), dilanjutkan dengan sambutan oleh Prasnowo Wibawanto (Guru SMP Negeri 2 Girimarto) selaku Ketua MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono yang  selalu konsisten dan  kompak menghadiri undangan pengurus di tengah kesibukan agenda sekolah yang sangat padat. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada duta MGMP Subrayon 04 yang telah mewakili  diklat PTK yang diselenggarakan oleh MGMP Rayon Wonogiri pada bulan Februari dan Maret lalu. Alhamdulillah rata-rata mendapatkan hasil baik bahkan ada beberapa yang mendapatkan predikat sangat baik

Karena masih dalam suasana bulan Syawal 1443 H, acara dilanjut dengan sekapur sirih ucapan Halal Bihalal, disampaikan oleh Sularto (Guru SMP Negeri 1 Sidoharjo), selaku Wakil Ketua MGMP IPS Subrayon 04. Beliau menyampaikan permohonan maaf dari pengurus apabila dalam berinteraksi dan memberikan pelayanan kepada anggota masih banyak kekurangan, semoga kedepan dapat lebih baik lagi. Acara dilanjutkan dengan doa.

Memasuki acara inti dari narasumber Prasnowo Wibawanto, tentang penyusunan PTK, beliau menyampaikan bahwa PTK adalah jenis penelitian yang melibatkan guru dan siswa secara langsung. Tujuan umum PTK adalah memecahkan masalah yang muncul di kelas. Secara umum penyusunan PTK terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (implementing), pengamatan (observing), dan evaluasi (reflecting). Penyusunan PTK menjadi syarat wajib untuk kenaikan pangkat terutama dari golongan IIId ke IVa dan seterusnya.  Beliau saat ini sudah lolos kenaikan pangkat IVc kemudian menceritakan pengalaman dan kiat-kiat dalam penyusunan PTK sehingga dapat lolos  penilaian angka kredit guru.

Setelah penyampaian materi  dari narasumber acara  dilanjutkan dengan pemaparan contoh hasil PTK yang sudah dilakukan oleh Sri Prihatin (Guru SMP Negeri 2 Jatiroto), dalam kesempatan ini  beliau memaparkan tentang hasil PTK yang sudah dilakukan agar mendapatkan masukan dan saran dari teman-teman guru untuk perbaikan dan kesempurnaan PTK yang dibuat. Kegiatan diakhiri pukul 13.00 WIB dengan memberikan penugasan kepada anggota MGMP untuk memulai menyusun PTK. Tugas diawali dengan membuat proposal PTK,  sehingga acara hari ini bisa menghasilkan produk. Harapannya tahun ajaran baru 2022/2023 kondisi pembelajaran sudah berjalan normal dan penyusunan PTK betul-betul bisa terealisasi.