MGMP IPS Subrayon 04 Gelar KKG Penyusunan Karya Ilmiah

Ditengah kesibukan melaksanakan ujian praktik bagi peserta didik kelas IX, MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono kembali menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan materi “Penyusunan Karya Ilmiah” pada Kamis, 17 Maret 2022. Kegiatan kali ini merupakan rangkaian KKG Paket 2 pertemuan pertama, dilakukan secara daring yang dihadiri oleh 32 peserta anggota MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono. Menampilkan narasumber, Marseno Aji, Kepala SMP Negeri 2 Girimarto sekaligus Tim Penilai Angka Kredit Jenjang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Bertindak selaku host sekaligus moderator, Haryanti, guru SMP Negeri 3 Sidoharjo, mulai membuka meeting room melalui aplikasi Google Meet pada pukul 10.30 WIB dan mengizinkan peserta masuk untuk mengikuti acara webinar. Acara dimulai tepat  pukul 11.00 WIB.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan tunggal oleh Prasnowo Wibawanto  selaku Ketua MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan agar para guru selalu semangat dan saling memotivasi satu dengan yang lainnya terutama dalam peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Beliau berharap guru-guru IPS di subrayon 04 tidak mengalami kendala dan senantiasa lancar dalam proses kenaikan pangkat. Acara selanjutnya adalah acara inti berupa penyampaian materi dari narasumber Marseno Aji. Beliau menyampaikan materi tentang Pedoman Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif  sesuai amanat  Buku IV Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kreditnya. Dalam kesempatan ini disampaikan juga tentang jenis-jenis penelitian yang dapat dilakukan oleh guru selain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) beserta sistematika penulisannya. Disampaikan pula bahwa di masa pandemi ini guru terkendala untuk membuat karya penelitian berupa PTK, maka ada solusi untuk membuat karya penelitian lain selain PTK, misalnya penelitian deskriptif, eksperimen, korelasional, ataupun perbandingan . Disampaikan pula tentang strategi membuat karya ilmiah yang dapat lolos dalam penilaian angka kredit guru.

Acara webinar dilanjutkan dengan tanya jawab dan sharing mengenai berbagai hal terkait pembuatan publikasi ilmiah dan karya inovatif. Pada sesi tanya jawab ini, peserta sangat antusias dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab. Beberapa diantaranya adalah pertanyaan dari Sri Prihatin (SMP Negeri 2 Jatiroto), menanyakan tentang metodologi penulisan karya ilmiah, Diyat Handi (SMP Negeri 4 Jatisrono) menanyakan tentang penulisan artikel ilmiah kaitannya dengan tugas tambahan guru, dan juga beberapa sharing dan berbagi pengalaman dari anggota MGMP yang sudah ternilai karya penelitiannya. Di akhir kegiatan, pembawa acara menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada nara sumber dan seluruh peserta yang bergabung dalam kegiatan KKG kali ini. Harapannya acara ini dapat membawa manfaat  untuk pengembangan karier guru. Tepat pukul 12.30 kegiatan diakhiri, dilanjutkan dengan pemberian  informasi oleh pengurus MGMP Subrayon 04 Jatisrono terkait rencana  kegiatan KKG selanjutnya.