MGMP IPS Subrayon 04 Gelar KKG Pembuatan Diktat Pembelajaran

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Subrayon 04 Jatisrono kembali menggelar Kegiatan Kolektif Guru dengan tema Pembuatan Diktat Pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Kegiatan yang diselenggarakan dengan model daring ini diikuti 30 peserta terdiri dari guru IPS yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta di lingkungan Subrayon 04 Jatisrono.  Haryanti, guru SMP Negeri 3 Sidoharjo, bertindak selaku host membuka meeting room Microsoft Teams mulai pukul 08.30 WIB dan mengizinkan peserta masuk untuk mengikuti acara webinar. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dipandu oleh Eni Budiarsi, guru IPS SMP Negeri 1 Jatisrono   sebagai moderator.

Ketua MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono, Prasnowo Wibawanto dalam sambutannya memberikan arahan serta motivasi kepada peserta kegiatan agar selalu aktif dalam mengikuti Kegiatan Kolektif Guru. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesiolisme guru, serta dapat digunakan untuk kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang dapat digunakan untuk peningkatan karier guru. Beliau sekaligus bertindak sebagai pemateri kesatu menyampaikan materi tentang media pembelajaran. Dalam kesempatan ini disampaikan bahwa media pelajaran merupakan salah satu faktor utama yang harus dipersiapkan guru dalam pembelajaran supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal dan hasil belajar siswa memuaskan. Pembelajaran yang disertai media pasti akan sangat menarik, apalagi diikuti dengan permainan tentu akan sangat menggugah semangat siswa dalam belajar dan dapat memotivasi siswa belajar dengan antusias, sehingga hasil belajarpun akan meningkat. Pembuatan media pembelajaran juga tidak kalah penting, dapat digunakan guru untuk menambah nilai angka kredit. Pada kesempatan ini juga disampaikan tentang cara membuat laporan pembuatan media pembelajaran untuk dinilaikan. Sebagai latihan guru diberikan tugas untuk membuat media pembelajaran beserta laporannya sehingga pertemuan itu menghasilkan produk.

Materi kedua di sampaikan oleh Supriyanto, Guru IPS SMP Negeri 2 Jatiroto dengan tema Pembuatan Diktat Pembelajaran. Beliau menjelaskan secara rinci tentang fungsi, manfaat hingga cara pembuatan diktat secara lengkap. Pembuatan diktat selain bermanfaat bagi siswa agar memperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum. Penulisan diktat juga dapat memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru juga akan mendapatkan manfaat lain yaitu tulisan yang dibuat dapat diajukan untuk menambah angka kredit ataupun dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan. Di penghujung kegiatan Eni Budiarsi, selaku moderator memberikan informasi mengenai rencana kegiatan MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono selanjutnya yang akan diselenggarkan di bulan depan. Kegiatan ini diakhiri tepat pukul 11.30 WIB.