MGMP IPS Subrayon 04 Gelar KKG  Materi Pembuatan Media  Pembelajaran
MGMP IPS  Subrayon 04  Jatisrono  menggelar  Kegiatan Kolektif Guru (KKG)  dengan materi “Pembuatan Media  Pembelajaran” pada  Kamis, 22 April 2021 bertempat di SMP Negeri 2 Jatisrono. Kegiatan kali ini dilakukan melalui  luring, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat , meliputi: memakai masker, cuci tangan sebelum kegiatan, penggunaan Hand Sanitizer dan pengaturan tempat duduk untuk jaga jarak.  Kegiatan  ini diikuti oleh 30 peserta anggota MGMP IPS  Subrayon 04 Jatisrono. Menghadirkan narasumber  tunggal yaitu Sulis Setyawan.
Sambutan pertama oleh Basuki (Koordinator MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono). Dalam sambutannya disampaikan bahwa kondisi saat ini memaksa guru untuk kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Inovasi baru seperti media pembelajaran kreatif sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan pembelajaran terbaik bagi peserta didik. Khususnya dalam masa pandemi yang memerlukan kerja keras dalam mensukseskan kegiatan pembelajaran. Dijelaskan bahwa  kegiatan ini bisa sebagai solusi untuk kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pengurus MGMP yang telah merancang Kegiatan Kolektif Guru IPS Subrayon 04.
Sambutan berikutnya oleh Prasnowo Wibawanto (Ketua MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono). Dalam sambutannya, beliau menyampaikan serangkaian program Kegiatan Kolektif Guru yang akan dan telah  dilakukan MGMP IPS Subrayon 04 Jatisrono. Beliau mengajak kepada peserta  MGMP untuk mensukseskan dan selalu aktif dalam kegiatan kegiatan kolektif guru  sebagai bentuk peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru dan dapat dijadikan sarana untuk pengembangan karier guru.
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber Sulis Setyawan. Beliau dengan sangat sabar menyampaikan materi sekaligus membimbing peserta dalam praktek pembuatan video pembelajaran melalui canva. Beliau menyampaikan cara menginstal aplikasi Canva, praktik membuat video menggunakan  aplikasi  Canva dan cara untuk mengisi rekaman suara sampai dengan video siap untuk digunakan dalam pembelajaran. Sehingga produk bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Penggunaan aplikasi Canva dalam membuat video pembelajaran lebih sederhana dan mudah untuk dipraktikkan dibandingkan aplikasi lainnya. Hasilnya dishare ke youtube untuk memudahkan siswa dalam mendownload video. Peserta KKG  sangat antusias dalam mengikuti kegiatan  dan berharap  kesempatan lain dapat dilanjutkan untuk pembuatan media pembelajaran yang lain.
Diakhir kegiatan, Ketua MGMP Subrayon 04 yang sekaligus dbertindak sebagai moderator menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta yang bergabung dalam kegiatan KKG kali ini. Harapannya dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dalam penerapan pembelajaran di sekolah, khususnya pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh dalam menghadapi situasi dan kondisi di masa pandemi Covid-19 saat ini.