MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno Praktik IMindMap pada KKG Paket 1

MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno kembali menggelar pertemuan dalam rangka Kegiatan Kolektif Guru (KKG). Pertemuan yang dilaksanakan pada Kamis tanggal 25 Maret 2021 ini masih merupakan rangkaian KKG Paket 1. Sebelumnya telah diselenggarakan kegiatan serupa pada Kamis 18 Maret 2021 dengan membahas materi yang sama pula. Selama masih dalam masa pandemi, pertemuan diselenggarakan secara daring lewat Microsoft Teams. Hadir dalam room meeting kegiatan ini, kurang lebih 43 guru IPS di wilayah subrayon 03 Baturetno.

Pukul 08.30 WIB kegiatan dimulai, dipandu oleh moderator Indiyah Wulan Hidayati, guru SMP Negeri 1 Baturetno. Setelah pembukaan dan doa, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan tunggal dari Ketua MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno, Nurkholis Shidiq guru SMP Negeri 2 Tirtomoyo. Sesuai dengan agenda yang telah disusun oleh pengurus MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno, pertemuan kedua ini diisi dengan praktik pemanfaatan iMindMap untuk pembelajaran dengan narasumber Erwan Dian Trisnanto, guru SMP Pancasila 13 Paranggupito.

Kompetensi awal peserta kegiatan saat ini begitu majemuk. Narasumber mengawali penyampaian materi dengan pembimbingan install aplikasi untuk penyamaan langkah tahap-tahap kegiatan. Usai install aplikasi diharapkan semua peserta dapat mengikuti kegiatan praktik dengan baik. Setelah sekitar 80% peserta berhasil install, kegiatan praktik diawali dengan pengenalan berbagai template yang dapat digunakan. Banyaknya template yang tersedia bisa digunakan untuk mempermudah pembuatan media pembelajaran. Hal inilah yang menjadikan bapak ibu guru peserta pelatihan begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Meskipun secara daring, narasumber dengan sabar melayani setiap kesulitan yang ditemui oleh peserta pelatihan. Dengan demikian diharapkan pada pertemuan yang akan datang sudah ada produk yang bisa dipresentasikan.