MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno Kupas iMindmap untuk Pembelajaran

MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno melaksanakan pertemuan pertama dalam rangka Kegiatan Kolektif Guru Paket 1 (Kamis, 18/3/2021). Pertemuan dilaksanakan secara virtual melalui Microsoft Teams mempelajari tentang “Pembuatan Media Pembelajaran iMindMap”. Pemilihan materi ini bukan tanpa alasan. Tuntutan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang lebih variatif adalah alasan dibalik kegiatan ini. Tentu saja tuntutan ini ditujukan bagi semua guru, baik yang masih muda maupun yang mendekati purna. IMindMap adalah aplikasi yang relatif mudah dipelajari dan diterapkan pada pembelajaran jarak jauh untuk semua usia. Oleh karena itu dalam rapat pengurus yang dilaksanakan 4 Maret 2021 menetapkan pemanfaatan iMindMap sebagai materi pada KKG Paket 1.

Kegiatan pertama ini diikuti oleh kurang lebih 45 guru mata pelajaran IPS di Subrayon 03 Baturetno. Koordinator Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Wakimin ikut bergabung pada vicon ini. Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dan dipandu oleh moderator Sri Mulyani dari SMP Negeri 1 Tirtomoyo dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza, dilanjutkan dengan pembukaan dan doa yang dipimpin langsung oleh moderator. Acara berikutnya adalah laporan Ketua MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno, Nur Kholis Sidiq dari SMP Negeri 2 Tirtomoyo. Dalam laporannya disampaikan tentang kepengurusan baru MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno dan rencana kegiatan dalam waktu dekat.

Usai laporan Ketua MGMP, acara berikutnya adalah sambutan dari Koordinator Pengawas SMP, Wakimin. Beliau menyampaikan ucapan selamat untuk pengurus MGMP IPS Subrayon 03 yang baru serta memberikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini. Tidak lupa beliau mengingatkan agar MGMP selalu berbenah dan melaksanakan kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi guru khususnya di Subrayon 03 Baturetno. MGMP diharapkan dapat menjadi agen perubahan baik bagi guru maupun bagi dunia pendidikan di Kabupaten Wonogiri.

Setelah sambutan pengawas, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yaitu  Erwan Dian Trisnanto dari SMP Pancasila 13 Paranggupito. Sesuai dengan jadwal untuk pertemuan pertama adalah penyampaian teori dari pemanfaatan aplikasi iMindMap untuk media pembelajaran. Pada kesempatan ini diperkenalkan aplikasi iMindMap dan pemanfaatannya. Meskipun baru teori ternyata pemaparan materi ini sangat menarik. Hal ini terlihat dari antusiasme para guru pada sesi tanya jawab yang  ingin segera menginstal aplikasi tersebut. Untuk mengobati rasa penasaran para guru, link aplikasi dikirimkan melalui grup watsapp setelah penutupan acara.