MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno Adakan KKG Paket 1 Secara Luring

Pada hari Kamis, tanggal 31 Maret 2022, MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno melaksanakan pertemuan pertama dalam rangka Kegiatan Kolektif Guru Paket 1. Pertemuan yang dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 1 Giriwoyo ini mempelajari tentang “Penyusunan Perangkat Pembelajaran”. Tema ini sengaja diambil dan dilaksanakan pada KKG Paket 1 dengan tujuan untuk memberikan bekal Bapak/Ibu guru untuk persiapan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran memang harus dipersiapkan yang baik agar kegiatan dapat berjalan sesuai dengan harapan. Pembuatan perangkat pembelajaran ini tentu saja perlu dipersiapkan oleh semua guru, tanpa memandang usia dan status. Kegiatan ini sengaja dilaksanakan secara luring karena melihat kondisi pandemi yang sudah mulai membaik. Selain itu diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan secara luring ini, guru mendapatkan pemahaman yang jelas tentang pembuatan perangkat pembelajaran.

KKG Paket 1 pertemuan pertama ini dihadiri oleh kurang lebih 45 guru mata pelajaran IPS di Subrayon 03 Baturetno. Beberapa guru terpaksa ijin karena adanya kegiatan yang bersamaan, yang sulit ditinggalkan. Hadir pula pada kesempatan ini Pengawas Pembina Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri sekaligus sebagai narasumber, Lulis Ambarwati,  Koordinator MGMP IPS subrayon 03 Baturetno, Ag. Sarwo Edy dan Kepala SMP Negeri 1 Giriwoyo, Eko Pranowo. Sekitar pukul 08.30 WIB kegiatan dimulai, dipandu oleh moderator, Dwi Setyaningsih dari SMP Negeri 1 Giriwoyo. Kegiatan diawali dengan Pembukaan, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Acara berikutnya adalah laporan Ketua MGMP IPS Subrayon 03 Baturetno, Nur Kholis Sidiq dari SMP Negeri 2 Tirtomoyo, sambutan dari Kepala SMP Negeri 1 Giriwoyo Eko Pranowo, sambutan koordinator MGMP subrayon 03 Baturetno, Ag. Sarwo Edy.

Setelah break sekitar 10 menit, sekitar jam 09.15 WIB kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti, yaitu pemaparan materi oleh narasumber, Lulis Ambarwati. Pemaparan materi dilakukan secara terperinci dan berurutan agar peserta KKG memahami alur penyusunan perangkat pembelajaran yang tepat. Setelah mengikuti KKG ini diharapkan untuk waktu-waktu mendatang guru bisa menyusun perangkat pembelajaran secara mandiri, tidak sekedar copy paste yang kadang kurang memahami isi dari perangkat tersebut. Setelah pemaparan materi dan tanya jawab lebih kurang 90 menit, kegiatan inti pun diakhiri. Sebagai closing dari kegiatan ini, disampaikan tugas mandiri yang harus dilakukan oleh peserta KKG, yaitu membuat RPP dengan materi yang telah ditentukan. Tugas ini diberikan sebagai tagihan yang dikerjakan saat kegiatan on service. RPP yang dihasilkan akan digunakan sebagai bahan presentasi pada kegiatan in service kedua.