MGMP IPS Subrayon 03 Awali KKG Paket 2 dengan Pembuatan Website

MGMP IPS subrayon 03 melaksanakan KKG Paket 2 yang bertempat di SMP Negeri 1 Giriwoyo Kamis, 14 April 2022. Kegiatan ini merupakan pertemuan pertama dari tiga pertemuan yang telah direncanakan. Tema yang diangkat KKG Paket 2 adalah pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website, dengan narasumber yang kompeten yaitu Agus Dwiyanto, guru SMP Negeri 1 Baturetno sekaligus anggota Tim Kreatif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri.

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dihadiri 40 peserta yang berasal dari berbagai sekolah jenjang SMP di subrayon 03. Kegiatan diawali sambutan Ketua MGMP IPS Subrayon 03, Nur Kholis Sidiq, dalam sambutannya disampaikan bahwa KKG Paket 2 mengangkat tema yang berkaitan dengan penggunaan IT agar guru-guru IPS di subrayon 03 mampu secara mandiri mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website. Pada akhir sambutan disampaikan agar pengetahuan tentang pembuatan website dapat meningkatkan profesionalisme guru dan juga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik.

Pada kegiatan inti, narasumber secara gamplang memaparkan pentingnya penggunaan media pembelajaran menggunakan website. Penggunaan website sebagai media pembelajaran bisa menjadi daya tarik bagi peserta didik sehingga mereka akan merasa senang mengikuti pembelajaran. Tak lupa, narasumber mengajak para peserta untuk selalu semangat mengikuti pelatihan dengan tidak mengindahkan berbagai alasan klasik sebagian guru, seperti “sudah mau pensiun, bingung, mumet dan seterusnya”.

Pada awal materi, narasumber menjelaskan mengenai latar belakang penggunaan media pembelajaran disertai dengan referensi penulis yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran. Setelah pengenalan tentang media pembelajaran menggunakan website, narasumber mengajak peserta untuk melaksanakan praktek langsung membuat tampilan website. Berbagai kendala dan kesulitan yang dialami peserta selalu diberikan solusi pemecahan oleh narasumber sehingga peserta menjadi betah mengikuti seluruh rangkaian acara pelatihan. Antusiasme peserta semakin terlihat ketika narasumber membimbing bapak ibu guru hingga benar-benar sesuai dengan tahapan penyusunan website. Di sela-sela pembimbingan, tidak henti-hentinya narasumber memberikan semangat kepada para peserta sehingga kegiatan benar-benar bisa berjalan dengan interaktif.

Setelah hampir 2,5 jam kegiatan pelatihan berjalan,  peserta akhirnya mampu membuat website sampai tahap membuat tampilan menu website. Meskipun belum sempurna, terlihat kebanggaan dan senyum puas dari raut muka peserta. Diakhir kegiatan, narasumber menyampaikan tugas untuk kegiatan on adalah mengisi ruang-ruang yang ada dengan konten yang sesuai dengan mata pelajaran atau materi yang diampu. Kegiatan berakhir pada pukul 11. 30 dengan ditutup oleh narasumber dan panitia.