MGMP IPA Sukses Gelar Sosialisasi Program Kerja 2021

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Wonogiri menggelar kegiatan sosialisasi program 2021, Sabtu (30/1/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual menggunakan fitur meeting Microsoft Teams. Sosialisasi program kerja digelar guna memberikan pemahaman kepada guru IPA mengenai program kerja yang akan diadakan MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri ditahun 2021, baik tingkat rayon maupun subrayon.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Sunarno. Dalam sambutannya, Sunarno memaparkan perlunya kegiatan sosialisasi diadakan. “Kami memandang perlu diadakan kegiatan ini agar semua guru IPA  memahami program kerja MGMP yang akan dilaksanakan. Sekaligus sebagai pertimbangan penyusunan SKP 2021,” tegas Sunarno.

Sambutan kedua disampaikan oleh Koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Muhammad Irianto Mewal. Kepala SMP Negeri 3 Girimarto ini mengapresiasi kerja pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri. “Tidak mudah menyusun program kerja ini, saya tahu persis bagaimana kerja keras teman-teman pengurus,” jelas Mewal. Mewal menyampaikan harapannya agar program kerja bisa terealisasi dengan baik dan diikuti semua guru IPA SMP di Kabupaten Wonogiri. Dengan begitu, program kerja MGMP berdampak baik bagi guru IPA SMP Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini juga dihadiri Sri Hartantiningrum, Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Bu Ningrum, sapaaan pengawas pembinaa MGMP IPA, menyampaikan agar semua kegiatan dikoordinasikan dengan baik. Bu Ningrum juga meminta agar program kerja bisa terkoneksi dengan SKP dan indeks prestasi. Selain itu, Bu Ningrum meminta semua pengurus MGMP subrayon bisa koordinasi dengan pengawas binaan sesuai pembagian yang ditentukan.

Kegiatan inti berupa sosialisasi program kerja disampaikan oleh Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Sunarno.   Program kerja yang diadakan 2021 berupa diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru. “Kegiatan diadakan oleh MGMP rayon dan subrayon. Kami harapkan semua bisa berpartisipasi aktif,” pungkas Sunarno.

Peserta kegiatan sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan yang dipandu Junarwan dan Sri Hartono ini. Terbukti ratusan peserta gabung di kegiatan ini dan aktif berdiskusi selama berlangsungnya kegiatan. Sri Hartono bertindak sebagai host, sedangkan Junarwan berperan sebagaimoderator. (AD)