MGMP IPA Subrayon 05 Selenggarakan KKG In 2 Pengembangan Silabus, RPP, dan Penilaian

MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) tanggal 27 Februari 2021. Acara dimulai dari jam 08.30 WIB. Kegiatan In 2 ini merupakan kelanjutan dari KKG Paket 1 Pengembangan Silabus, RPP, dan Penilaian. Peserta kegiatan ini anggota MGMP Subrayon 05 Purwantoro yang terdaftar dalam kegiatan KKG. Terpantau 39 peserta telah bergabung dalam rapat virtual ini. Host yang bertugas Arif Jatmiko, guru SMP Negeri 1 Bulukerto dan moderator oleh Teguh, selaku Ketua MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro. Kegiatan disambut oleh Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro, Rendro Mardiyanto. Kegiatan dihadiri juga oleh Koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Muhammad Irianto Mewal. KKG In 2 ini menghadirkan narasumber Kepala SMP Negeri 3 Slogohimo, Marseno Aji.

Sambutan pertama dari Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro, Rendro Mardiyanto. Dalam sambutannya belia menyampaikan harapan bahwa KKG ini bukan semata untuk memenuhi kebutuhan guru dalam rangka pencapaian angka kredit tiap tahunnya saja namun sebagai bentuk penyegaran kompetensi profesional sebagai tenaga pendidik. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan.
Selanjutnya informasi dari Koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Muhammad Irianto Mewal. Disampaikan bahwa masa bakti pengurus MGMP IPA Rayon Wonogiri telah selesai. Sehingga perlu segera diadakan reorganisasi MGMP IPA di Kabupaten Wonogiri untuk menyusun pengurus yang baru. Pemilihannya secara online. Pemilihnya adalah semua guru mata pelajaran IPA se-Kabupaten Wonogiri. Beliau memberi apresiasi yang luar biasa terhadap kinerja pengurus lama. Mampu melewati berbagai tantangan dalam menghadapi dinamika pendidikan yang terjadi. MGMP IPA Rayon Wonogiri yang diketuai oleh Sunarno, guru SMP Negeri 1 Wonogiri telah menunjukkan kinerja yang bagus. Reorganisasi harapannya dapat terlaksana maksimal sampai tanggal 27 Februari 2021. Lebih lanjut disampaikan bahwa di masa pandemi saat ini, pertemuan secara langsung belum memungkinkan. Sehingga kegiatan secara daring seperti KKG ini merupakan sarana yang tepat untuk dilakukan.

Selanjutnya paparan materi dari narasumber Marseno Aji. Beliau menyampaikan bahwa pembelajaran IPA seharusnya dapat menumbuhkembangkan kompetensi siswa pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi sikap melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. KI 1 dan KI 2 tidak diajarkan langsung (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan pembelajaran.

Acara berikutnya adalah presentasi hasil penyusunan Silabus dan RPP dari peserta KKG. Presentasi pertama oleh Agus Riyanto, guru SMP Negeri 1 Puhpelem. Disampaikan tentang silabus dan RPP kelas VIII semester 1 untuk KD 3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia. Presentasi kedua hasil penyusunan Silabus dan RPP oleh Wahyu Hidayati guru SMP Negeri 1 Slogohimo. Presentasi ketiga hasil penyusunan Silabus dan RPP oleh Nurul Firdausi, guru SMP Negeri 1 Purwantoro. Disampaikan tentang Sistem Reproduksi Manusia dengan subtopik reproduksi sel, struktur dan fungsi organ reproduksi, penyakit sistem reproduksi.
Silabus terdiri atas Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Nilai Karakter, IPK, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian (Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan), Alokasi Waktu, Sumber Belajar, dan Keterangan. RPP disusun menggunakan model dan metode pembelajaran yang detail. Lampiran meliputi instrumen penilaian keterampilan dan pengetahuan. Tujuan pembelajaran sudah memenuhi unsur ABCD. Kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan dengan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan abad 21. RPP disusun lengkap yang dilengkapi dengan lampiran. Lampiran terdiri atas instrumen penilaian pengetahuan/keterampilan dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan rubrik penilaian serta materi.

Di sesi tanya jawab, ada pertanyaan dari peserta tentang bagian mana saja dari RPP yang perlu dicetak untuk kelengkapan administrasi guru. Dijelaskan oleh narasumber bahwa RPP 1 lembar dan semua lampirannya juga dicetak untuk memenuhi kelengkapan administrasi dari guru.

Diakhir kegiatan, moderator menyatakan bahwa paradigma kegiatan belajar sekarang berbeda dengan dahulu. Sekarang kita mendesain pembelajaran agar siswa aktif. Selain itu moderator menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta yang bergabung dalam kegiatan ini. Harapannya dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dalam penerapan pembelajaran di sekolah,
Host menyampaikan kegiatan ini menjadi sarana untuk belajar tentang pernak pernik melakukan kegiatan daring. Dengan harapan bermanfaat bagi guru dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.