MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Gelar Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran

MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan KKG,21 Agustus 2021. Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan lanjutan KKG Paket 5 Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran. Peserta anggota MGMP Subrayon 05 Purwantoro yang terdaftar dalam KKG. Host kegiatan Johan Efvendi dan moderator Umu Mar’ah. Kegiatan disambut oleh Teguh Ketua MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro. Menghadirkan narasumber Rahayu Widayanti guru IPA di SMP Negeri 1 Nguntoronadi.
Teguh dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini adalah lanjutan dari paket 5. Merupakan kegiatan terakhir dari rangkaian KKG di MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro. Disampaiakan ucapan terima kasih atas kontribusi peserta KKG dalam mendukung terlaksananya kegiatan KKG mulai Paket 1 sampai 5. Peserta diharapkan memenuhi tagihan semua paket tepat waktu. Hasil KKG diunggah di website MGMP IPA Rayon Wonogiri. Diharapkan narasumber memotivasi peserta agar kegiatan ini dapat berjalan sukses.

Moderator menyampaikan acara inti dimulai presentasi materi dari peserta yaitu Sinar Widyawati, Sih Minarsih, Agus Riyanto, dan Kasimin dilanjutkan sesi tanya jawab. Narasumber Rahayu Widayanti mengawali paparan materi dengan menampilkan video interaktif pembelajaran karya Joko Dwi Suranto Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Kismantoro tema Pengenalan Bioteknologi.

Selanjutnya ditampilkan video interaktif pembelajaran karya Rahayu Widayanti tema Sistem Tata Surya. Dua video ditampilkan sudah memuat animasi, dengan audio dan video yang jelas. Video sudah diunggah di youtube. Lebih lanjut disampaikan karya inovatif bukan hanya untuk siswa tapi juga masyarakat.
Kegiatan dilanjutkan presentasi peserta. Presentasi pertama Sih Minarsi Guru IPA SMP Negeri 2 Kismantoro menyampaikan Laporan Alat Peraga Permainan Kocok Angka Diagram Gerak. Laporan sudah disusun sesuai sistematika yang dipersyaratkan. Karya sudah dinilaikan di PAK.
Dilanjutkan presentasi kedua Sinar Widyawati Guru IPA SMP Negeri 3 Bulukerto menyampaikan Laporan Alat Peraga Model Otot Antagonis. Sistematika penulisan mulai dari judul, KD, materi, dasar teori, desain, alat dan bahan, cara pembuatan, dan cara penggunaan.


Presentasi berikutnya Agus Riyanto Guru IPA SMP Negeri 1 Puhpelem menyampaikan tentang Alat Peraga Generator Pembangkit Listrik Tenaga Air. Karya sudah dinilai dalam pengajuan PAK. Presentasi berikutnya Kasimin Guru IPA SMP Negeri 2 Kismantoro menyampaikan tentang Alat Peraga Pesawat Sederhana. Sistematika sudah sesuai yang dipersyaratkan.
Dalam reviewnya narasumber menyampaikan perlunya ditampilkan dampak penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Perlunya foto bukti fisik yang mendukung. Daftar pustaka sifatnya optional. Hasil dari alat peraga bisa diikutsertakan dalam kegiatan lomba seperti inobel. Ditampilkan karya-karya inovatif guru yang lolos di inobel seperti detektor banjir, destilasi sampah, crane dari kardus, media tripod bandul, kit meriam telur, ekstrak kunyit pengganti lakmus, dan komik digital genetika.

Sesi diskusi dan tanya jawab, dijelaskan perbedaan alat peraga dan alat praktikum. Disampaikan juga bukti fisik yang diperlukan dalam pembuatan alat peraga video pembelajaran yang diunggah di youtube.
Di akhir kegiatan narasumber menyampaikan tagihan paket 5 miminal memenuhi sistematika judul, KD, materi, dasar teori, desain, alat dan bahan, cara pembuatan, cara penggunaan dan Daftar Pustaka (optional). Harapannya guru dapat berkarya untuk bersama belajar dalam meningkatkan kompetensi kita sebagai guru. Saling memotivasi untuk tetap berkarya.