MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Gelar KKG Paket 2

MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru pada Sabtu, 24 April 2021. Acara dimulai pukul 08.30 WIB. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari KKG Paket 2 Pengembangan Instrumen Penilaian. Peserta dari kegiatan ini anggota MGMP Subrayon 05 Purwantoro yang terdaftar dalam kegiatan KKG. Terpantau, kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang telah bergabung dalam rapat. Host kegiatan Joko Ristanto dan moderator Nurhamudin. Kegiatan disambut oleh Teguh selaku Ketua MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro dan menampilkan narasumber Widodo guru IPA di SMP Negeri 1 Sidoharjo.

Teguh dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pengembangan instrumen penilaian, agar penilaian yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan sehingga hasil penilaian yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, penilai dan pihak lain yang menggunakan hasil penilaian.  Selanjutnya paparan materi dari narasumber Widodo. Narasumber menyampaikan bahwa hasil penilaian akan akurat apabila istrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian dan objektivitas penilai dapat dipertanggungjawabkan. Prinsip penilaian agar orientasinya tetap pada framework/rel yang ditetapkan yaitu sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh/ berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria dan akuntabel. Klasifikasi dimensi proses berfikir menurut Anderson dan Krathwoh (2001) dari level tertinggi yaitu mengkreasi, mengevaluasi, menganalisis, mengaplikasi, memahami, dan mengetahui.

Sesi diskusi dan tanya jawab membahas tentang penyusunan instrumen penilaian untuk keterampilan dan soal AKM serta pentingnya kartu soal disusun. Dijelaskan bahwa kegunaannya jika soal disusun secara tim. Jika soal disusun sendiri cukup kisi-kisi, soal, rubrik dan kunci jawabannya. Selanjutnya dilanjutkan kegiatan presentasi. Presenter pertama Siti Suryaningsih menyampaikan instrumen penilaian tentang KD 3.3 menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan KD 4.3 menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran.

Narasumber menekankan bahwa dalam menyusun penilaian harus ada benang merah antara silabus dengan instrumen penilaian yang kita susun. Penilaian diri dan penilaian antar teman sifatnya penunjang sekurang-kurangnya satu kali menjelang ulang akhir semester. Alangkah baiknya dilakukan di awal dan akhir semester.

Selanjutnya presenter kedua Prihdiyatmi menyampaikan instrumen penilaian tentang KD 3.2 menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup dan 4.2 menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda. Dalam closing steatment-nya narasumber menyatakan bahwa tidak ada hasil yang baik tanpa adanya persiapan yang baik. Mulai dari penyusunan kisi-kisi dan melaksanakannya sesuai yang sudah direncanakan. Dilanjutkan pengolahan hasil penilaian, menganalisis, dan melakukan tindak lanjut. Selanjutnya menyusun program perbaikan dan pengayaan. Harapannya proses peniaian yang dilakukan dapat merekam kompetensi peserta didik yang obyektif dan dapat dipertanggungjawabkan.