MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Gelar KKG Paket 2 In 2 Pengembangan Silabus dan RPP

Sabtu, 14 Mei 2022, MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Kabupaten Wonogiri mengadakan Kegiatan Kolektif Guru In 2 paket 2 “Pengembangan Silabus dan RPP. Kegiatan ini terasa penting karena sesuai dengan tugas guru sebagai tenaga profesional yang memiliki tanggung jawab dalam kemajuan belajar peserta didik. Guru diharapkan mampu mengembangkan silabus sesuai dengan kompetensi mengajarnya secara mandiri. Di sisi lain guru lebih mengenal karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah serta lingkungannya. 

Peserta dari kegiatan ini anggota MGMP Subrayon 05 Purwantoro yang terdaftar dalam kegiatan KKG. Terpantau, kegiatan ini diikuti oleh 34 peserta yang telah bergabung dalam rapat. Dengan host Nurhamudin dan moderator Umu Mar’ah. Kegiatan disambut oleh Retno Hartini selaku Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro dilanjutkan paparan dari narasumber kegiatan Widodo yang merupakan Guru IPA SMP Negeri 1 Sidoharjo. 

Dalam sambutannya, Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro menyampaikan sebagai seorang pendidik hendaknya tidak hanya sebatas mentransfer ilmu kepada peserta didik saja, tetapi dapat memberikan pelayanan prima dalam proses belajarnya agar bisa mempimplementasikan hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.  

Wacana akan adanya perubahan kurikulum, hendaknya kita memegang prinsip saling asah, asih dan asuh. Saling asah dimaksudkan dengan saling memberikan pembelajaran, saling memberi koreksi, saran, dan masukan. Selalu mengupdate pengetahuan. Saling asih dimaksudkan dengan saling mengasihi, menyayangi, mencintai, menghargai, dan menghormati dengan ikhlas. Harus mampu membuat sepaham, sepemikiran, dan sehati sehingga mampu mencapai tujuan bersama. Saling asuh dimaksudkan dengan saling memelihara, memperhatikan, saling menjaga, dan saling bantu-membantu. Menjadi pribadi yang mau berbagi dengan sesama. 

Disampaikan lebih lanjut untuk merubah dunia diawali dengan kita mempersiapkan diri agar menjadi pribadi yang berguna. Musuh terbesar adalah diri sendiri dengan sifat egois, kemalasan, kejenuhan. Itu yang harus dikalahkan untuk mendapatkan kesuksesan. Hasil suatu perjuangan tidak ada yang sia-sia. 

Selanjutnya paparan materi dari narasumber Widodo. Disampaikan bahwa tujuan dari kegiatan agar guru dapat mengembangkan silabus yang sesuai dengan kondisi sekolah/ kelas serta mengembangkan RPP yang berpusat pada peserta didik. 

Pembelajaran IPA seharusnya dapat menumbuhkembangkan kompetensi siswa pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sikap melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan melalui aktivitas mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Sedangkan keterampilan proses melalui aktivitas pengamatan, menginferensi, dan mengkomunikasikan. 

Keberhasilan pembelajaran IPA perlu disusun perencanaan yang baik, diantaranya silabus dan RPP. Silabus yang disusun oleh BSNP masih minimalis. Maka perlu dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan kondisi sekolah masing-masing 

Dalam paparannya disampaikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan peraturan tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Dasar dan Menengah dengan nomor  37 tahun 2018 sebagai pengganti permendikbud No. 24 tahun 2016 tentang KI-KD Kurikulum 2013 pada Dikdasmen. 

Lebih lanjut disampaikan Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun  2019, adanya penyederhanaan di dalam penyusunan RPP, hanya ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, sedangkan komponen lainnya bersifat sebagai pelengkap 

Diakhir kegiatan, moderator menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan KKG. Harapannya dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.