MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Adakan KKG Pengembangan Media Pembelajaran

MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan Kegiatan Kolektif Guru, Sabtu (31/7/2021). Acara dimulai dari jam 08.50 WIB. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari KKG Paket 4 Pengembangan Media Pembelajaran. Peserta dari kegiatan ini anggota MGMP Subrayon 05 Purwantoro yang terdaftar dalam kegiatan KKG. Terpantau, kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta yang telah bergabung dalam rapat. Host kegiatan Johan Efvendi dan moderator Wahyu Hidayati. Kegiatan disambut oleh Teguh Ketua MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro dan Rendro Mardiyanto Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro. KKG ini menghadirkan narasumber Saleha, guru IPA di SMP Negeri 2 Wonogiri.

Rendro Mardiyanto dalam sambutannya menyampaikan pentingnya mengikuti kegiatan KKG di luar dari MGMP IPA Wonogiri. Banyak kegiatan yang diadakan dari Kemendikbud secara online yang dapat diakses melalui SIM PKB. Hasil dari KKG hendaknya segera di share agar dapat dimanfaatkan oleh peserta. Ada kesulitan yang muncul dalam pelaksanaan PJJ, namun hendaknya dapat diperbaiki agar lebih ramah pelaksanaannya untuk peserta didik.

Sambutan berikutnya Teguh menyampaikan pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran untuk sarana pendukung dalam kegiatan belajar. Berkaitan dengan tagihan dari kegiatan yang telah di laksanakan perlu untuk dipenuhi oleh seluruh peserta. Harapan semua motivasi peserta sehingga kegiatan berjalan secara optimal.

Moderator menyampaikan kegiatan acara inti dimulai dengan presentasi materi dari narasumber dilanjutkan sesi tanya jawab. Dalam paparannya narasumber menyampaikan materi pemanfaatan pengembangan media powerpoint online. Templete sudah disediakan tinggal menggunakan. Penyusunan pengembangan media melalui powerpoint  didasarkan dari tagihan bahan ajar yang telah disusun sebelumnya. Download templete powerpoint dapat diakses secara online melalui tautan https://bit.ly/aset-media

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab disampaikan tentang cara membuat media pembelajaran powerpoint online dengan mendownload templete yang ada. Lalu mengedit sesuai dengan materi yang akan disusun. Peserta bebas untuk mengedit templete yang ada.

Di akhir kegiatan narasumber menekankan inti kegiatan paket 4 merupakan lanjutan dari KKG sebelumnya. Prinsipnya agar mudah membuat tagihan 4 hendaknya menyelesaikan tagihan paket 3. Dalam memenuhi tagihan paket 4 ada pilihan yang dapat dimanfaatkan yaitu dengan memanfaatkan google sites atau powerpoint online. Harapannya di masa pandemi penggunaan media pembelajaran yang kreatif dapat membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan PJJ.