MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono Sukses Gelar KKG
Kegiatan Kolektif Guru ini diawali dengan pembukaan oleh moderator. Sambutan pertama dari Ketua MGMP IPA Subrayon 04  Jatisrono, Agung Widodo, guru SMP Negeri 3 Jatisrono menyampaikan pentingnya merencanakan pembelajaran guna mendasari peningkatan kompetensi guru baik di tengah-tengah masa pandemi ini maupun di masa normal.
Winarno selaku  Koordinator MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono memberikan imbauan dan ajakan agar peserta secara aktif mengikuti KKG di paket-paket selanjutnya. Selain itu juga, persiapan-persiapan dalam melaksanakan proses pembelajaran sangatlah perlu direncanakan sehingga
dalam pelaksanaan pembelajaran baik di masa pandemi dengan PJJ maupun secara normal dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut. Beliau juga berharap bahwa kegiatan ini mampu menghasilkan produk Silabus dan RPP yang dapat digunakan sebagai acuan guru IPA Subrayon 04 Jatisrono
Sudirman selaku narasumber memberikan penekanan bahwa Silabus dan RPP adalah bagian vital dari perencanaan seorang guru sebelum mengajar. Menurutnya, perencanaan yang baik mencakup 4 (empat) hal, yaitu sesuai kebutuhan, kebermanfatan yang tinggi, keterlibatan yang besar, menjadi solusi dan matching (sesuai-sepadan-padu). Beliau juga menekankan bahwa silabus dan RPP bukanlah untuk kebutuhan administratif semata tetapi bagian dari perencanaan mengajar sebagai upaya untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kegiatan ini juga diwarnai dengan presentasi hasil penyusunan silabus dan RPP dari peserta KKG. Presentasi dilakukan oleh Agus Sisyanto dari SMP Negeri 2 Girimarto  dan Agata Margareti dari SMP Negeri 1 Jatipurno. Beberapa hal yang perlu diperbaiki antara lain perlunya penulisan sumber belajar yang lengkap dan terkini, sintaks pembelajaran yang lebih jelas, serta soal pada penilaian keterampilan. Selain itu, juga disepakati pula layout dan format silabus dan RPP.