MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono Sukses Gelar KKG Paket-3   “Pengembangan Bahan Ajar”

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Subrayon 04 Jatisrono sukses menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara daring/online dengan menggunakan Microsoft Teams pada Kamis, 03 Juni 2021. Kegiatan ini merupakan lanjutan KKG pertemuan sebelumnya. Kegiatan ini  dihadiri guru IPA di Subrayon 04 Jatisrono sebanyak 33 orang. Narasumber kegiatan ini adalah  Agung Widodo, guru IPA SMP N 3 Jatisrono yang merupakan ketua MGMP Subrayon 04 dan dipandu oleh Tri Wiyono Budi Santoso dari SMP N 4 Jatisrono sebagai host dan Agata Margareti,  guru SMP Negeri 1 Jatipurno selaku moderator.

Kegiatan KKG ini diawali dengan pembukaan, mendengarkan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan sambutan dari Koordinator MGMP Subrayon 04  Jatisrono. Winarno dari SMP Negeri 3 Jatiroto menyampaikan  pentingnya menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan karakter siswa.

Winarno,  selaku  Koordinator MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono memberikan himbauan dan ajakan agar peserta secara aktif dalam mengikuti KKG walaupun disela-sela kegiatan akhir tahun pelajaran, PTM, rapat kelulusan dan PAT. Selain itu, hasil dari kegiatan MGMP yang berupa handout atau file dapat dikumpulkan diperbaiki dan direvisi sehingga dapat dijadikan diktat yang dapat dinilaikan dalam penilaian angka kredit (PAK).  Winarno juga mengatakan selalu jaga irama, step by step tidak tergesa-gesa dalam mengerjakan yang menjadi tagihan-tagihan MGMP.

Acara yang keempat penyampaian materi, Agung Wododo selaku narasumber, memberikan penekanan bahwa pengembangan bahan ajar dapat berupa handout. Handout adalah suatu naskah tulisan yang mendukung, mengembangkan, mengelola atau paling tidak menyediakan tindak lanjut dari pelatihan. Dalam sebuah kegiatan Handout sangat penting, sebab  apabila disusun dan didesain dengan baik, menyediakan bantuan informasi yang diberikan selama sesi pelatihan dan tetap diingat oleh peserta untuk waktu yang lama. Agung Widodo menjelaskan kriteria handout yang baik yaitu sesuai dengan jabaran, ringkas tetapi komperhensif, diperkaya rujukan, dilengkapi gambar dan bagan, dilengkapi pertanyaan, latihan dan tugas. Beliau juga menjelaskan langkah-langkah pembuatan handout, pertimbangan yang perlu dilakukan dalam memilih handout, manfaat handout untuk siswa, jenis-jenis handout berdasarkan karakteristik, kelebihan dan kekurangan, fungsi dan manfaat handout

Kegiatan ini juga diwarnai dengan presentasi dan review hasil pengembangan bahan ajar dari peserta KKG. Presentasi dilakukan oleh Tri Wiyono Budi S dari SMP N 4 Jatisrono. Beberapa hal yang perlu ditambahkan dalam pembuatan handout antara lain penulisan KI dan KD dapat tulis semuanya agar lengkap dan handout jangan terlalu banyak tulisan atau bacaan yang dapat membuat bosan siswa maka perlu ditambahkan gambar sehingga bahan ajar lebih menarik dan lebih jelas sehingga mudah dipahami oleh siswa.