MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono Sukses Gelar KKG Paket 1

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Subrayon 04 Jatisrono sukses menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) paket 1 secara luring di SMP Negeri 3 Sidoharjo. Kegiatan bertajuk percepatan platform merdeka mengajar pada Sabtu, 04 Februari 2023. Kegiatan ini merupakan awal pembukaan KKG tahun 2023. Kegiatan ini dihadiri guru IPA di Subrayon 04 Jatisrono sebanyak 41 orang. Narasumber kegiatan ini adalah Widodo dari SMP Negeri 1 Sidoharjo dan Deny Iwan Saputro, Ketua MGMP Subrayon 04 Jatisrono yang dipandu oleh Tri Wiyono Budi Santoso, guru SMP Negeri 4 Jatisrono 

Kegiatan KKG ini diawali dengan pembukaan yang dilanjutkan sambutan dari Ketua MGMP Subrayon 04 Jatisrono, Deni Iwan Saputra dari SMP Negeri 1 Sidoharjo yang memotivasi sekaligus memberikan informasi kepada Bapak/Ibu peserta KKG tentang materi kegiatan KKG sebanyak 5 paket dalam 16 pertemuan yaitu paket 1 percepatan Platform Merdeka Mengajar, paket 2 merdeka mengajar, paket 3 Canva For Education, paket 4 penyusunan ATP dan modul ajar (IPA kelas VIII), paket 5 Google Sites. Beliau mengharapkan kepada seluruh peserta KKG untuk dapat memenuhi semua tagihan dari 5 paket dan untuk tetap semangat mengikuti dengan sungguh-sungguh dan mensukseskan KKG IPA Subrayon 04. 

Rahayu Widayanti, selaku  Koordinator MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono dalam sambutannya memberikan motivasi dan mempertegas kembali apa yang disampaikan oleh ketua MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono Deni Iwan Saputra terkait materi KKG dalam 5 paket beserta tagihannya, beliau juga memberikan penguatan tentang mengapa kurikulum berubah, apa itu kurikulum merdeka, dan platform merdeka mengajar serta mengharapkan Ibu/Bapak guru peserta KKG untuk selalu bersinergi aktif dalam kegiatan MGMP IPA Subrayon 04 dengan baik dan produk-produk dari kegiatan KKG ini dapat dijadikan semangat dalam melayani anak didik.  

Pada kegiatan pembukaan KKG IPA Subrayon 04 tahun 2023 ini juga dihadiri oleh Agung Widodo yang merupakan ketua MGMP IPA yang lama dikarenakan mendapatkan tugas tambahasan sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 3 Karang Tengah. Beliau mengatakan selama bersama dengan Ibu/Bapak bila ada kesalahan mohon maaf, dan tetap semangat bahwa MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono selalu menjadi yang terdepan dari MGMP yang lain.  

Selanjutnya kegiatan inti dipandu langsung oleh moderator Tri Wiyono Budi santoso, dengan urutan kegiatan paparan materi oleh narasumber tentang Platform Merdeka Mengajar topik 1 tentang Merdeka Belajar dan topik 2 tentang Kurikulum Merdeka. Ditambahkan oleh Widodo, bahwa penyelesaian aksi nyata wajib berpedoman pada panduan yang ada di masing-masing topik sehingga bisa disetujui oleh asesor di Platform Merdeka Mengajar.  

Kegiatan inti ini ditutup dengan penguatan dari narasumber Widodo dan Deni Iwan Saputra. Beliau mengajak semua peserta untuk terus belajar dan saling berbagi ilmu, walaupun sedikit pasti sangat bermanfaat, kita selalu belajar, jangan khawatir dan jangan takut salah.