MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono Sukses Gelar KKG Paket 1 IN 2 Bertajuk Model-Model Pembelajaran

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Subrayon 04 Jatisrono sukses menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara daring dengan Microsoft Teams. Kegiatan bertajuk Model-model Pembelajaran pada Sabtu, 26 Maret 2022. Kegiatan ini merupakan lanjutan KKG pertemuan. Kegiatan ini  dihadiri guru IPA di Subrayon 04 Jatisrono sebanyak 35 orang. Narasumber kegiatan ini adalah  Rahayu Widayanti, dari SMP N 1 Nguntoronadi dan dipandu oleh Deny Iwan Saputro, guru SMP Negeri 1 Sidoharjo selaku host dan Agata Margareti dari SMP N 1 Jatipurno sebagai moderator.

Sebelum kegiatan dimulai host Deny Iwan Saputro, menyapa peserta dalam room meeting satu per satu, memastikan audio sudah terdengar dengan jelas pada masing-masing posisi. Diawali pembukaan dengan sambutan dari Ketua MGMP Subrayon 04  Jatisrono, Agung Widodo dari SMP Negeri 3 Jatisrono yang  memotivasi sekaligus mengingatkan kepada Bp/Ibu peserta KKG untuk selalu menyelesaikan tagihan selama KKG berlangsung. Oleh karena itu beliau mengharapkan kepada seluruh peserta KKG untuk tetap mengikuti dengan sungguh-sungguh dan mensukseskan KKG Paket 1 in 2  ini.

Joko Dwi Suranto, selaku  Koordinator MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono memberikan motivasi dan mempertegas kembali apa yang disampaikan oleh ketua Agung Widodo terkait tagihan, beliau juga memberikan penguatan mengharapkan Ibu/Bpk guru peserta KKG untuk selalu bersinergi aktif dalam kegiatan MGMP IPA Subrayon 04 dengan baik dan produk-produk dari kegiatan KKG ini dapat dijadikan semangat dalam melayani anak didik kita.

Kegiatan inti dipandu langsung oleh moderator, dengan urutan kegiatan paparan materi Model-model Pembelajaran, sesi Tanya jawab, closing statement dan penutup. Rahayu Widayanti, sebagai narasumber dalam kegiatan ini, selanjutnya memaparkan materi Model-model pembelajaran dengan baik, jelas dan sangat mudah dipahami. Diawali dengan paparan perbedaan sintak-sintak model pembelajaran PBL, PBJL, Discovery learning dan Inquiri learning. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan program guru pengerak tahun 2022 pada bulan Oktober selama 6 bulan dengan pola terbimbing secara daring dan luring. Calon guru pengerak melalui tahapan yaitu rekruitmen dan seleksi. Dengan mengikuti guru pengerak banyak ide dan banyak manfaatnya dalam pembelajaran untuk peserta didik.

Semua materi dapat tersampaikan dengan baik dan sangat mudah dipahami. Setelah paparan materi selesai dilanjutkan dengan presentasi hasil kerja dari peserta KKG yang langsung diberi tanggapan oleh narasumber. Dengan penuh semangat narasumber menelaah hasil tagihan paket 1 dari sejumlah peserta yang telah dipresentasikan.

Presentasi dari peserta selesai, namun pertanyaan-pertanyaan dari peserta silih berganti dilontarkan ke narasumber. Pemahaman yang dimiliki narasumber terhadap materi KKG mampu memberikan kepuasan kepada peserta yang telah bertanya. Selanjutnya kegiatan inti ditutup dengan closing statement dari narasumber. Dengan memberikan motivasi “marilah kita terus belajar dan saling berbagi ilmu, walaupun sedikit pasti sangat bermanfaat, kita  selalu belajar, jangan khawatir, jangan takut untuk mencoba”

Setelah kegiatan ini selesai ditutup dengan kata-kata pamitan dari narasumber yang bertugas di SMPN 1 Nguntoronadi ini, selanjutnya  pengumuman dari ketua MGMP Subrayon 04 Jatisrono kaitannya dengan kegiatan KKG berikutnya dan foto bersama dari semua peserta KKG.