MGMP IPA Subrayon 03 Tuntaskan Rangkaian KKG

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Subrayon 03 selenggarakan In Service 2 untuk menuntaskan rangkaian Kegiatan Kolektif Guru (KKG). KKG dengan tema “Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran” ini diselenggarakan secara virtual melalui  platform Microsoft Teams (Sabtu 21/8/2021). Kegiatan ini merupakan akhir dari rangkaian KKG sebanyak 5 paket yang telah diagendakan MGMP IPA Rayon Wonogiri. Kegiatan ini diikuti guru mata pelajaran IPA Subrayon 03 Baturetno sebanyak 57 peserta. Kegiatan ini terlaksana dengan sukses dipandu oleh Bodro Nuryani sebagai host dan Fitria Etika Puri sebagai moderator. Kegiatan disambut oleh Slamet Widodo Koordinator MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno. KKG ini menghadirkan narasumber Purwanto, Guru IPA di SMP Negeri 2 Tirtomoyo.

Meeting room pada kegiatan ini dibuka mulai pukul 08.30 WIB Bodro Nuryani, Guru SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo. Host mengawali kegiatan dengan menyapa peserta yang telah hadir dalam meeting room. Kegiatan Kolektif Guru Paket 5 In Service 2 ini dibuka oleh moderator dengan membacakan susunan acara dan dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza.

Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Budi Hartanto, Guru SMP N 1 Giritontro mewakili ketua MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno. Pada kesempatan ini Budi Hartanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan akhir dari rangkaian KKG sebanyak 5 paket. Paket 1 kegiatan membahas pengembangan silabus dan RPP. Kegiatan paket 2 membahas pengembangan instrumen penilaian. Kegiatan kolektif guru paket 3 mengusung tema pengembangan bahan ajar. Kegiatan paket 4 membahas media pembelajaran dan yang terakhir ini dengan tema pengembangan alat peraga pembelajaran.

Slamet Widodo dalam sambutannya memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta. Slamet Widodo mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan dan mengajak peserta untuk selalu bersyukur dan meluruskan niat sehingga hasil karya dari kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi sesama terutama bagi peserta didik.

Purwanto, Guru SMP Negeri 2 Tirtomoyo selaku narasumber mengawali paparannya dengan mereview kegiatan pada In Service 1. Alat peraga merupakan alat yang digunakan untuk memperjelas konsep yang digunakan dalam proses pembelajaran. Alat peraga yang dibuat harus sesuai dengan tugas mengajar guru yang bersangkutan.

Narasumber memaparkan pembuatan alat peraga bukan hanya sekedar untuk mendapatkan angka kredit, namun lebih mengedepankan peningkatan kualitas pembelajaran. Pembuatan alat peraga dimaksudkan untuk melengkapi alat peraga yang sudah ada di sekolah. Kegiatan ini bisa mengasah ide peserta untuk membuat desain alat peraga. Untuk meminimalkan biaya pembuatan alat peraga bisa memanfaatkan alat dan bahan yang sudah tidak terpakai.

Setelah selesai memaparkan materi, narasumber mereview karya peserta kegiatan kolektif guru. Beberapa peserta mempresentasikan hasil karya pengembangan alat peraga. Setelah selesai presentasi dari peserta, moderator membuka sesi tanya jawab. Beberapa peserta bertanya, narasumber menjelaskan sehingga peserta lebih mudah memahami. Sebagai closing statement, narasumber mengatakan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Semoga apa yang dilakukan bisa memberikan manfaat terutama bagi peserta didik. Selanjutnya moderator dan host menutup kegiatan.