MGMP IPA Subrayon 03 Gelar KKG Model Pembelajaran

MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) paket 1 In Service 2 pada Sabtu, 26 Maret 2022 secara daring melalui Microsoft Teams. Kegiatan KKG MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno mengusung tema Model-model Pembelajaran. Narasumber pada KKG paket 1 Inservice 2 ini adalah Ais Widayanti, guru SMPN 1 Wonogiri yang juga merupakan calon guru penggerak angkatan 4. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru IPA SMP di wilayah Subrayon 03 Baturetno.

Pada pukul 09.20, Panji Gumilar, guru IPA SMP Gajah Mungkur yang bertugas sebagai host mulai membuka meeting room di Microsoft Teams. Host mulai menyapa peserta yang telah hadir di meeting room. Mulai pukul 10.00 tepat kegiatan ini dipandu sepenuhnya oleh moderator Bodro Nuryani, guru SMP Muhammadiyah BK Giriwoyo. Acara selanjutnya mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza.

Berikutnya adalah laporan panitia yang disampaikan oleh Assani Nugroho, guru IPA SMPN 1 Giritontro selaku ketua MGMP Subrayon 03 Baturetno. Dalam laporannya Assani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu KKG Paket 1 Inservice 1 dengan tema yang sama yaitu model-model pembelajaran. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada peserta atas peran aktifnya. Beliau berharap kegiatan ini bisa menambah khazanah keilmuan yang bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno, yaitu Slamet Widodo yang merupakan Kepala Sekolah SMPN 1 Tirtomoyo. Dalam sambutannya Slamet Widodo memberikan arahan dan motivasi kepada peserta KKG. Beliau menyampaikan bahwa sebagai pendidik guru harus bisa memberikan arahan, bimbingan, pelatihan yang berguna bagi peserta didik. Beliau juga menyampaikan bahwa memberikan bimbingan, arahan dan pelatihan harus dimulai dari niat ikhlas dari diri sendiri agar bisa sampai ke ahti peserta didik. Beliau juga memotivasi peserta agar lebih semangat lagi dalam mendampingi anak-anak.

Moderator kemudian memandu acara inti yaitu pemaparan materi dari Narasumber, Ais Widayanti. Dalam paparannya Ais Widayanti menyampaikan berbagai pengertian model pembelajaran. Pedekatan pembelajaran saintifik terdiri dari 4 model yaitu discovery learning, inquiry learning, problem based learning dan project based learning. Narasumber juga memaparkan tentang guru penggerak. Beliau mengajak peserta KKG untuk mengikuti program guru penggerak.

Setelah memaparkan materi, narasumber kemudian mereview beberapa tugas yang sudah dikerjakan oleh peserta KKG. Beliau juga memberikan masukan pada tugas-tugas peserta. Moderator kemudian memandu sesi tanya jawab. Narasumber menjawab setiap pertanyaan dengan rinci sehingga peserta lebih mengerti dan termotivasi. Sebagai closing statement narasumber mengimbau guru untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang terbaik buat siswa agar mereka senang dan bahagia. Kegiatan kolektif guru paket 1 In service 2 ditutup dengan mendengarkan lagu Padamu Negeri.