MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno Tuntaskan KKG Paket 1

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Subrayon 03 Baturetno Kabupaten Wonogiri menuntaskan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 pada Sabtu (25/02/2023). KKG Paket 1 yang pelaksanaannya diagendakan 4 kali di bulan Februari ini akhirnya telah sampai di kegiatan penutup, yaitu In 3. Paket 1 In 3 masih menghadirkan narasumber dari komunitas sendiri, yaitu Sumarto, guru IPA dari SMPN 2 Baturetno. Kegiatan yang sedianya akan digelar di SMPN 1 Baturetno, kembali dialihkan ke SMPN 3 Baturetno, karena sesuatu hal yang mendesak. 

Dalam kegiatan ini, Budi Hartanto dari SMPN 1 Giritontro bertindak sebagai moderator yang memandu jalannya acara. Kegiatan dibuka pukul 09.30 WIB dengan bacaan basmalah. Selanjutnya, pengantar dari Ketua MGMP IPA SMP Subrayon 03 Baturetno, Purwanto dari SMPN 2 Tirtomoyo. Purwanto mengucapkan selamat datang dan terima kasih untuk semua peserta KKG yang berkenan hadir, meskipun memiliki kesibukan di sekolah masing-masing. Tidak lupa ucapan terima kasih kepada Sumarto, selaku narasumber, yang untuk ketiga kalinya setia mendampingi KKG Paket 1 ini. Selanjutnya, beliau juga menginformasikan agenda KKG Paket 2 yang rencananya akan digelar pada Sabtu pekan depan. 

Slamet Widodo, selaku Kepala SMPN 3 Baturetno, yang pada kesempatan kali ini juga meluangkan waktu untuk hadir sempat memberikan beberapa kata sambutan. Ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pada SMPN 3 Baturetno selaku tuan rumah penyelenggara KKG Paket 1 In 3. Tidak lupa beliau memotivasi dan mengingatkan para guru agar dalam pembelajaran tidak sekadar menyajikan materi pelajaran semata, tapi juga memberikan sentuhan jiwa. Memahami kondisi fisik dan psikis peserta didik tidak kalah penting dari materi pelajaran itu sendiri.  

Acara berikutnya adalah kegiatan inti, yaitu penyampaian materi dari narasumber. Sumarto memaparkan deskripsi dan teknis pembuatan Aksi Nyata Topik 4 “Asesmen SMP” pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara mendetail. Ada beberapa alternatif yang dapat dipilih pada pembuatan Aksi Nyata Topik 4 ini. Salah satunya adalah Pembuatan Asesmen Awal Pembelajaran, yang mencakup judul, manfaat tes diagnostik, tujuan asesmen diagnostik, tes diagnostik kognitif, dokumentasi pelaksanaan tes diagnostik, hasil tes diagnostik, dan tindak lanjut.  

Selain itu, alternatif lainnya yang dapat juga dipilih adalah Pembuatan Asesmen Format Alternatif. Pembuatan asesmen ini mencakup tujuan pembelajaran, rencana asesmen alternatif, contoh hasil asesmen, rencana tindak lanjut, dokumentasi kegiatan, umpan balik, hasil umpan balik, tangga umpan balik, dan refleksi. 

Sebanyak 28 guru IPA SMP Subrayon 03 Baturetno hadir pada KKG Paket 1 In 3 ini. Semua peserta tampak antusias menyimak paparan yang disajikan oleh narasumber. Kegiatan ditutup pada pukul 11.30 WIB dengan bacaan hamdalah.