MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno Sukses Gelar KKG Paket 1 IN 2

Pada Sabtu (11/02/2023) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SR 03 Baturetno Kabupaten Wonogiri kembali menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) dengan moda luring. Kegiatan yang semula direncanakan akan diselenggarakan di SMPN 1 Baturetno, dikarenakan ada suatu kendala, dialihkan ke SMPN 3 Baturetno. KKG Paket 1 IN 2 kali ini merupakan lanjutan dari KKG sabtu pekan kemarin dengan mengusung tema yang sama, yaitu “Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Aksi Nyata”. Sumarto, guru IPA dari SMPN 2 Baturetno, masih tetap didapuk sebagai narasumber. 

Dalam kegiatan ini, Budi Hartanto dari SMPN 1 Giritontro bertindak sebagai moderator yang memandu jalannya acara. Kegiatan diawali pada pukul 09.30 WIB, dibuka dengan bacaan basmalah, kemudian dilanjutkan dengan prakata dari Purwanto, selaku Ketua MGMP IPA SR 03 Baturetno. Pada kesempatan kali, ini Purwanto memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar tetap semangat dalam melaksanakan KKG. Purwanto menuturkan bahwa KKG merupakan momen yang tepat sebagai wadah untuk bertukar ilmu dan pendapat, sekaligus ajang silaturahmi antarguru IPA se-Subrayon 03 Baturetno. Tidak lupa Purwanto mengingatkan kepada seluruh peserta untuk menyelesaikan Aksi Nyata Topik 1 sampai dengan 4 di bulan Februari ini, kemudian melaporkan progress PMM secara individu di aplikasi Pringgondani. 

Pada gelaran KKG Paket 1 IN 2 ini, Sumarto melanjutkan paparan tentang Aksi Nyata Topik 2 yang bertajuk “Kurikulum Merdeka”. Sumarto menekankan agar seluruh peserta membuat dan benar-benar melaksanakan Aksi Nyata serta mengunggahnya di laman Pelatihan Mandiri sesuai ketentuan agar bisa lulus validasi dan mendapatkan sertifikat. Setelah memaparkan secara detil tentang Aksi Nyata Topik 2, Sumarto melanjutkan paparan tentang Aksi Nyata Topik 3 yang bertajuk “Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B”. Kali ini yang dijadikan bahan diskusi bersama adalah merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP). ATP adalah pengganti silabus dalam Kurtilas. Sedangkan TP adalah pengganti Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurtilas. 

Setelah Sumarto menyelesaikan seluruh paparan dan memberikan berbagai tips agar Aksi Nyata yang dibuat lulus validasi, seluruh peserta melanjutkan diskusi dan pembuatan Aksi Nyata Topik 2 dan 3. KKG Paket 1 IN 2 berlangsung selama dua jam dan diakhiri pada pukul 11.30 WIB. Setelah itu, acara ditutup dengan bacaan hamdalah, kemudian dilanjutkan dengan sesi pemotretan untuk keperluan dokumentasi.