MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno Kembali Selenggarakan KKG

Setelah libur Idul Fitri tahun ini Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Subrayon 03 Baturetno kembali menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, yaitu Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2 dengan tema Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kegiatan ini diselenggarakan dengan model daring In-On-In, yaitu In Service 1, On Service,dan In Service 2. Di pertemuan terakhir In Service 2 (Sabtu, 14 Mei 2022) diikuti oleh 50 guru IPA SMP dari sekolah  Negeri maupun Swasta di lingkungan Subrayon 03 Baturetno. Bodro Nuryani guru IPA SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo selaku host membuka meeting room Microsoft Teams mulai pukul 09.00 WIB dengan menyapa peserta dari tujuh titik kecamatan, kemudian acara dipandu oleh Fitria Etika Puri guru IPA SMP Negeri 1 Baturetno sebagai moderator.

Kegiatan diawali laporan panitia oleh Purwanto selaku Wakil Ketua MGMP IPA SMP Subrayon 03 Baturetno. Guru IPA SMP Negeri 2 Tirtomoyo melaporkan bahwa kegiatan diikuti oleh guru IPA seSubrayon 03 Baturetno. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada peserta kegiatan yang telah menyempatkan mengikuti kegiatan ini di tengah kesibukan masing-masing, serta berharap kepada narasumber untuk menyampaikan materi seluas-luasnya agar bapak ibu peserta dapat menyusun silabus dan RPP sesuai dengan kaidah yang berlaku. Beliau juga menyampaikan pesan dari koordinator MGMP IPA SMP Subrayon 03 Baturetno yang tidak bisa mengikuti kegiatan ini, beliau berpesan agar peserta KKG tetap semangat mengikuti kegiatan, sehingga dapat memberikan dampak positif dalam dunia pendidikan khususnya di Subrayon 03 Baturetno.

Assani Nugroho guru IPA SMP Negeri 1 Giritontro yang juga Ketua MGMP IPA SMP Subrayon 03 Baturetno sebagai fasilitator kegiatan ini mengawali dengan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1443 H mohon maaf lahir batin kepada peserta kegiatan. Kemudian beliau mereview pengembangan silabus dan RPP hasil karya peserta dengan skenario yang dimulai pemaparan materi, presentasi peserta, tanggapan dan ulasan, refleksi, dan penutup. Pada saat pemaparan materi beliau menyampaikan bahwa pembelajaran IPA seharusnya dapat menumbuhkembangkan kompetensi siswa pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga Silabus dan RPP yang dibuat oleh guru harus selaras dengan tujuan tersebut. Pada saat presentasi silabus dan RPP hasil karya peserta, beliau  mereview sesuai dengan instrumen verval silabus dan RPP kemudian didiskusikan dengan seluruh peserta kegiatan. Kegiatan inti diakhiri dengan sesi tanya jawab. Di penghujung kegiatan moderator memberikan informasi rencana kegiatan MGMP IPA SMP Subrayon 03 Baturetno yang akan diselenggarakan di pertemuan berikutnya, kegiatan ditutup pukul 12.45 WIB dengan  diakhiri  lagu Bagimu Negeri.