MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno Gelar KKG Bahas Aksi Nyata

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SR 03 Baturetno Kabupaten Wonogiri menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) perdana di tahun 2023 dengan moda luring pada Sabtu (04/02/2023). KKG Paket 1 IN 1 yang mengusung tema “Platform Merdeka Mengajar (PMM) Topik 1 dan Aksi Nyata” ini menghadirkan narasumber dari komunitas sendiri, yaitu Sumarto, guru IPA dari SMPN 2 Baturetno. Kegiatan diselenggarakan di ruang pertemuan SMPN 1 Baturetno dan diikuti oleh 49 peserta yang merupakan guru IPA SMP SR 03 Baturetno.

Dalam kegiatan ini, Fitria Etika Puri dari SMPN 1 Baturetno bertindak sebagai moderator yang memandu jalannya acara. Kegiatan diawali pukul 09.00 WIB dengan bacaan basmalah dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, laporan dari Ketua MGMP IPA SMP SR 03 Baturetno, Purwanto dari SMPN 2 Tirtomoyo, yang baru saja menggantikan ketua sebelumnya, Assani Nugroho yang telah diangkat menjadi Kepala SMPN 1 Paranggupito.

Sambutan pertama disampaikan oleh Siti Safuroh selaku Kepala SMPN 1 Baturetno. Siti Safuroh mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta KKG, memberikan arahan dan motivasi, serta mempersilakan peserta untuk memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia. Sambutan kedua dari Assani Nugroho, yang baru saja didapuk menjadi Koordinator MGMP IPA SR 03 Baturetno menggantikan Slamet Widodo. Poin penting yang Assani Nugroho sampaikan adalah motivasi kepada semua guru agar terus belajar sepanjang hayat.

Setelah sempat jeda sejenak untuk coffe break, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti. Sumarto, selaku narasumber tunggal pada KKG Paket 1 IN 1, mengawali presentasi dengan memberikan arahan dan motivasi kepada semua rekan guru yang hadir. Pada kesempatan kali ini, Sumarto membagikan pengalamannya dalam mengerjakan PMM dan mengunggah Aksi Nyata sampai berhasil mendapatkan sertifikat. Sumarto memaparkan secara detil tahapan mengunggah Aksi Nyata di laman Pelatihan Mandiri, yaitu: 1) Unggah dokumen Aksi Nyata dalam format PDF maksimum 10 MB, 2) Isi judul Aksi Nyata, 3) Deskripsi Aksi Nyata, 4) Refleksi Aksi Nyata. Setelah mengunggah Aksi Nyata sesuai ketentuan, kita masih harus bersabar menunggu hasil validasi dari tim penilai selama kurang lebih 2-3 bulan. Bila Aksi Nyata telah lulus validasi, maka kita bisa mendapatkan e-certificate dengan kisaran 30-38 JP yang akan terbit di laman Pelatihan Mandiri. Namun, bila Aksi Nyata tidak lulus validasi, kita masih dapat merevisi dan mengumpulkannya untuk divalidasi kembali.

Semua peserta tampak antusias selama kegiatan berlangsung. Setelah menyimak paparan yang begitu gamblang, semua peserta menjadi termotivasi dan aktif menyelesaikan pembuatan Aksi Nyata Topik 1, yaitu Merdeka Belajar. Setelah berkutat menyelesaikan Aksi Nyata Topik 1 selama kurang lebih 2 jam, KKG Paket 1 IN 1 ini akhirnya ditutup pada pukul 12.00 WIB dengan bacaan hamdalah.