MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro Menggelar KKG Paket 1 IN 1    Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

MGMP IPA Sub Rayon 02 Wuryantoro mengawali KKG Paket 1 secara luring dengan topik bahasan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Februari 2023 mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB bertempat di SMP Negeri 2 Wuryantoro dengan narasumber Budiyanti yang merupakan Guru Penggerak Angkatan 4 dan juga merupakan guru SMP Negeri 2 Eromoko. 

Kegiatan ini diikuti 43 Peserta dan dibuka dengan sambutan Koordinator MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro Sumardi. Beliau merupakan Kepala SMP Negeri 1 Wuryantoro, berpesan agar semua peserta KKG IPA 2023 ini benar-benar semangat dalam mengikuti semua paket  KKG, karena KKG ini  wajib diikuti oleh semua guru untuk meningkatkan keprofesionalannya sebagai seorang guru. Guru yang profesional diharapkan mampu mewujudkan cita-cita pendidikan. Sambutan selanjutnya adalah dari ketua KKG IPA 2023 Junarwan yang merupakan guru SMP Negeri 2 Eromoko. Beliau memberikan arahan tentang teknis pelaksanaan KKG 2023 sekaligus memberikan laporan kegiatan. Beliau berharap dengan diawalinya KKG Paket 1 IN 1 kali ini merupakan awalan yang baik untuk kembali meningkatkan keprofesionalan dan kemampuan  guru IPA di Subrayon 02 Wuryantoro. Beliau memberikan apresiasi kepada peserta kegiatan yang dengan semangat mengikuti kegiatan dengan sangat antusias dan penuh tanggung jawab.  

Selanjutnya Budiyanti selaku narasumber kegiatan mengawali kegiatan inti dengan memaparkan materi tentang bagaimana memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar sampai dengan mengunggah Aksi Nyata pada Platform tersebut. Beliau berharap agar peserta tidak terlalu terburu-buru hanya sekedar menyelesaikan tagihan pada PMM, tetapi juga benar-benar paham materi yang disajikan. Karena dengan pahamnya materi maka tujuan yang diharapkan pada PMM tercapai. Untuk kagiatan Paket 1 kali ini peserta diwajibkan untuk bisa mempelajari sampai bisa mengunggah Aksi Nyata pada PMM minimal 4 (empat) Topik awal. Empat Topik itu adalah Merdeka Mengajar, Kurikulum Merdeka, Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B, dan Asesmen SMP – SMA/SMK/Paket B – C. Kegiatan Inti ditutup dengan tanya jawab peserta dengan narasumber berkaitan dengan pemanfaatan PMM. 

Akhir kegiatan Paryanto selaku moderator menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran akan berhasil sesuai yang diharapkan jika perencanaan dilakukan secara matang dan benar. Untuk itu memohon untuk semua peserta benar-benar mengambil manfaat dari kegiatan yang telah diselenggarakan ini.