MGMP IPA Subrayon 01 Selesaikan 4 topik Aksi Nyata PMM

MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri melaksanakan optimalisasi Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada sabtu, 25 Februari 2023 bertempat di SMP Negeri 3 Ngadirojo. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri seluruh guru IPA di Subrayon 01 Wonogiri, dengan narasumber guru penggerak di kabupaten Wonogiri yaitu Saleha guru SMP Negeri 2 Wonogiri dan Ais Widayanti guru SMP Negeri 1 Wonogiri. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari inservis 1 dan 2 yang telah dilakukan. Acara dibuka oleh Sutanto guru SMP Negeri 7 Wonogiri dengan membacakan susunan acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Sambutan ketua MGMP IPA Subrayon 01 oleh Parmo yang juga guru SMP Negeri 5 Wonogiri, beliau menekankan tentang Kegiatan KKG Paket 1 inservis 3 yang masih menitikberatkan pada optimalisasi Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar. Parmo menekankan bahwa pemahaman akan materi-materi pada platform ini sangat membantu dalam memahami pelaksanaan Kurikulum Merdeka, sedangkan aksi nyata adalah implementasi pemahaman materi yang dituangkan dalam kegiatan di sekolah bersama rekan guru, siswa maupun kolaborasi dengan orang tua atau wali murid. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Eko Sutantyo Kepala SMP Negeri 3 Ngadirojo yang menyampaikan dan memotivasi guru tentang pentingnya membentuk karakter dan mengembangkan keterampilan siswa.  

Kegiatan inti disampaikan oleh narasumber dengan diawali icebreaking tepuk PMM yaitu dangan menepukkan tangan mengucapkan dengan semangat suara lantang “Mengajar, Belajar, Berkarya dan Aksi Nyata”. Ini membuat peserta lebih rileks dan semangat dalam mengikuti KKG kali ini. Selanjutnya narasumber yang pertama Saleha dengan metode 6 Topi berpikir merupakan konsep pemikiran dan pemecahan masalah yang menggunakan starategi pemikiran paralel. Selanjutnya memberikan metode untuk memfasilitasi refleksi sekaligus mengkomvirmasi pemahaman audiens dengan Know-Wonder-Learn Chart, yang dilanjutkan dengan Level of Reflection atau Tangga Refleksi merupakan metode refleksi yang dapat digunakan untuk refleksi pribadi bersama rekan guru, atau murid-murid di kelas. Saleha memberikan contoh aksi nyata tentang penyesuaian pembelajaran dengan kebutuhan siswa.  Setelah itu disambung dengan nara sumber kedua Ais Widayanti aksi nyata topik 6 dan topik 12. Setelah itu diadakan icebreaking membuat seluruh peserta KKG menjadi senang dan semangat dalam mengikuti kegiatan KKG serta menyelesaikan aksi nyata dalam PMM. 

Peserta KKG aktif berdiskusi dan memberikan masukan tentang penyelesaian topik di PMM seperti yang dilakukan Sunarno guru SMP Negeri 1 Wonogiri dan Dewi Rosnanda guru SMP Nawa Kartika Selogiri. Selanjutnya narasumber menyampaikan dan menunjukkan kegiatan-kegiatan yang dapat dikerjakan guru di sekolah yang dapat didokumentasikan dalam aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar. Penekanan bahwa aksi nyata sesungguhnya dokumentasi kegiatan guru yang berdampak pada siswa. Selanjutnya narasumber menyemangati kegiatan bahwa optimalisasi aksi nyata PMM adalah optimalisasi kegiatan nyata guru yang dikerjakan di sekolah yang berdampak pada siswa.