MGMP IPA Subrayon 01 Kupas Pembelajaran Berdiferensiasi dan PSE

MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri menggelar KKG paket 4 inservis 2 dengan tema “Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)”. Narasumber KKG kali ini masih sama seperti pada Inservis 1 yaitu Sri Purwaningsih Trisnowati guru SMPN 2 Selogiri dan Rifat Nuraini guru SMPN 3 Wonogiri. Kegiatan bertempat di SMPN 3 Wonogiri pukul 08.30 hingga 12.00 WIB Sabtu (13/8/2022). Pembawa acara Endang Sri Murwani, guru SMPN 3 Ngadirojo, mengawali kegiatan dengan membacakan susunan acara. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sambutan diberikan oleh ketua MGMP IPA Rayon Wonogiri, Sunarno, guru SMPN 1 Wonogiri. Dalam sambutannya, Sunarno menginformasikan bahwa KKG Paket 5 akan diberikan materi penilaian, khususnya penilaian dalam kurikulum merdeka ini. Untuk itu peserta KKG diharapkan untuk mempelajari buku panduan penilaian kurikulum merdeka. Untuk mengawali kegiatan penilaian ini MGMP Rayon akan melaksanakan Kegiatan Sumatif Tengah Semester (STS) untuk kelas 7 dan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas 8 dan 9, tipe soal diarahkan seperti Asesmen Nasional seperti pilihan ganda 1 jawaban, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Untuk itu seluruh peserta KKG bisa mempersiapkan peserta didik dalam menghadapinya.

Sambutan berikutnya Wakil ketua MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri Pudi Sri Maryatmo guru SMPN 1 Ngadirojo.  Beliau memotivasi kepada seluruh peserta untuk terus menghadiri KKG ini, karena kegiatan ini merupakan unsur utama dalam Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan baru, sehingga kita bisa memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik. Kegiatan ini jangan dijadikan beban dengan adanya tagihan, tapi dibuat senang saling membantu dalam mengerjakan tagihan dan saling bersilaturahmi.

Agar konsentrasi peserta KKG lebih fokus sebelum materi disampikan, narasumber Sri Purwaningsih Trisnowati dan Rifat Nuraini melakukan Teknik Mindfulness yaitu teknik pembelajaran yang bermanfaat dalam membangun kesadaran penuh. Peserta disuruh memejamkan mata lalu narasumber memutakan musik lalu membacakan narasi, sehingga peserta akan lebih konsentrasi. Selanjutnya Narasumbar pertama Sri Purwaningsih Trisnowati menyampaikan materi tentang  pembelajaran berdeferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari semua perbedaan murid, terbuka untuk semua dan memberikan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap individu.

Tahapan Pembelajaran berdiferensiasi ada 3 yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Selanjutnya narasumber menjelaskan RPP yang berdeferensiasi, yaitu sebuah rencana pembelajaran yang disusun untuk memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid.

Selajutnya narasumber kedua Rifat Nuraini menyampikan materi Pembelajaran Sosial Emosional (PSE).PSE merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Ruang lingkup PSE di sekolah adalah rutin yaitu yaitu diluar waktu belajar akademik, terintegrasi dalam mata pelajaran yaitu kegiatan yang dilakukan dalam waktu proses pembelajaran dan protokol yaitu penerapan disiplin sebagai budaya positif.

Selanjutnya di jelaskan pula teknik STOP yaitu teknik pembelajaran yang bermanfaat dalam membangun kesadaran penuh (mindfulness), meredakan ketegangan, mengembalikan dan membangun fokus murid. STOP merupakan akronim atau singkatan dari Stop (berhenti), Take a deep Breath (tarik nafas dalam), Observe (amati) dan Proceed (lanjutkan).

Di sesi akhir dibuka tanya jawab, Antonius Kartolo dari SMPN 2 Wonogiri yang memberikan apresiasi kepada kegatan KKG dan menyampikan pendapatnya bahwa deferensiasi konten, proses, dan produk semuanya masuk dalam RPP. Sri Sutini dari SMPN 3 Ngadirojo menanyakan format penilaian kurikulum merdeka. Selanjutnya narasumber menjelaskannya, sehingga peserta KKG memahami dalam materi tersebut. Tepat pukul 12.00 kegiatan ditutup dengan foto bersama agar lebih mengakrapkan dan membuat KKG ini lebih menyenangkan.