MGMP IPA SR 01 Wonogiri Tuntaskan KKG Paket 1

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Subrayon 01 Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 1 In Service 2, pada Sabtu (27/02/2021) dengan tema Pengembangan Silabus, RPP, dan Penilaian. Hadir dalam kegiatan virtual melalui meeting room Microsoft Teams sejumlah 48 dari 60 peserta, yang berasal dari 23 sekolah negeri maupun swasta di wilayah Subrayon 01. Kegiatan In Service 1 telah dilaksanakan pada 13 Februari 2021, dilanjutkan On Service penyusunan Silabus, RPP, Penilaian dan lampirannya. 

Rahayu Widayanti, guru SMP Negeri 1 Nguntoronadi mengawali kegiatan dengan menyapa peserta yang telah hadir dalam meeting room mulai pukul 08.30 WIB. Bertugas sebagai host, Rahayu memastikan peserta telah siap untuk mengikuti kegiatan jarak jauh ini. Beberapa hal teknis mengenai kebijakan meeting room juga disampaikan demi kelancaran kegiatan. 

Tepat pukul 09.00 WIB, kegiatan dimulai, dipandu oleh Sri Wibowo, guru SMP Negeri 7 Wonogiri yang bertugas sebagai moderator. Acara dibuka dengan bacaan Basmalah dilanjutkan dengan mendengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. 

Parmo, ketua panitia sekaligus ketua MGMP IPA subrayon 01 Wonogiri, menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya rangkaian kegiatan KKG IPA Paket 1. Guru SMP Negeri 7 Wonogiri ini melaporkan bahwa dari 60 peserta, hampir semuanya telah menyelesaikan tagihan berupa produk kegiatan yang diupload melalui link yang telah disediakan panitia. Berkat dukungan dari semua pihak, kegiatan KKG dengan pola in-on-in pada hari ini telah sampai pada tahap akhir kegiatan dengan hasil yang memuaskan. Panitia mohon maaf karena keterbatasan waktu maka tidak bisa menampilkan seluruh karya peserta pada kesempatan ini.  

 Muhamad Irianto Mewal, selaku Koordinator MGMP IPA Kabupaten Wonogiri menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya KKG IPA paket 1 dan mengharap partisipasi semua guru IPA untuk mengikuti KKG IPA. Kepala SMP Negeri 3 Girimarto ini juga menyampaikan informasi tentang  reorganisasi pengurus MGMP IPA Rayon Wonogiri yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 3 Maret 2021. Diharapkan, semua guru IPA di Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 360 orang dapat  berpartisipasi aktif pada evoting tersebut.  

Memasuki acara inti kegiatan In Service 2, Sri Hartono selaku narasumber menyampaikan tentang Prinsip Pengembangan Silabus dan RPP. Komponen pengembangan silabus yang terdiri atas Identitas, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Karakter, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi waktu, Sumber belajar dan Keterangan, dijelaskan secara rinci. Untuk mempertegas konsep, guru SMP Negeri 1 Selogiri ini juga memberikan contoh melalui tayangan share screen. 

Acara dilanjutkan dengan presentasi Silabus dan RPP dari peserta terpilih. Untuk kelas 7 disampaikan oleh Lusiana, guru SMP Negeri 5 Wonogiri, kelas 8 oleh Slamet Riyadi, guru SMP Negeri 7 Wonogiri dan kelas 9 oleh Saleha, guru SMP Negeri 2 Wonogiri. Moderator juga memberikan kesempatan kepada peserta yang ingin turut mengkritisi serta berdiskusi mengenai produk Silabus dan RPP yang ditayangkan. 

Berkenan hadir dan menyimak presentasi dari peserta, Sri Hartantiningrum, pengawas SMP Kabupaten Wonogiri sekaligus narasumber utama pada kegiatan KKG paket 1 ini. Melalui kolom chat beliau turut mengkritisi sekaligus memberikan apresiasi kepada peserta yang telah presentasi. 

Masa Pandemi tak menghalangi semangat guru IPA untuk belajar meningkatkan kompetensi. MGMP IPA Subrayon 01 Wonogiri, telah tuntas melaksanakan KKG Paket 1, dari 5 paket yang diprogramkan pada tahun 2021 ini. Keberhasilan pada kegiatan paket 1 ini, menjadi motivasi tersendiri untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya.