MGMP IPA SMP Wonogiri Selenggarakan  Grand Opening Kegiatan Kolektif Guru

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA menyelenggarakan Grand Opening Kegiatan Kolektif Guru (KKG) selama satu tahun sesuai program kerja MGMP IPA Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05. Kegiatan paket 1 dengan tema “Penyusunan Silabus, RPP dan Penilaian”.  Dihadiri oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri, Pengawas Pembina, Koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Koordinator MGMP IPA SMP Subrayon, Kepala Sekolah berlatar belakang IPA, Pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Pengurus MGMP IPA Subrayon dan guru IPA Kabupaten Wonogiri. Kegiatan diselenggarakan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Sabtu (13-2-2021).

Bertugas sebagai host pada kegiatan virtual ini Rahayu Widayanti guru SMP Negeri 1 Nguntoronadi dengan moderator  Sri Wibowo guru SMP Negeri 7 Wonogiri.  Rahayu Widayanti selaku host  menyapa para peserta yang masuk room meeting  satu per satu pada pra acara dengan penuh semangat.  Jumlah peserta kegiatan yang masuk dalam meeting room sebanyak 230 orang. Kegiatan dibuka oleh moderator dengan membacakan susunan acara dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Parmo selaku ketua MGMP IPA SMP Subrayon 01 sekaligus ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh guru IPA yang berasal dari Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 dengan biaya secara mandiri oleh peserta. Ketua panitia memohon kepada Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri untuk membuka secara resmi KKG Kegiatan Kolektif Guru (KKG) “Pengembangan Silabus, RPP, dan Penilaian” ini.

Sambutan yang pertama oleh Koordiantor MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri Muhammad Irianto Mewal, Kepala SMP Negeri 3 Girimarto. Beliau mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada semua yang hadir pada kegiatan ini.  Beliau berharap agar seluruh rangkaian KKG MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri diikuti dengan baik karena merupakan bagian penting dalam peningkatan profesionalisme, kinerja dan pengembangan karier guru.

Sambutan selanjutnya oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti. Beliau memberikan arahan dan motivasi terkait kegiatan MGMP di Kabupaten Wonogiri.  MGMP merupakan ajang untuk mengasah kompetensi guru agar menjadi professional dan bermutu sehingga dapat memberikan  pelayanan terbaik kepada peserta didik.

Guru yang mengikuti MGMP akan meningkatkan salah satu point pada akreditasi sekolah sehingga dapat memfasilitasi peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.  Assesmen Kompetensi Minimal (AKM), Survey karakter dan literasi adalah materi yang harus dipahami guru dan dapat dilaksanakan dalam kegiatan MGMP.  Guru IPA memiliki peluang yang banyak dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).  Guru yang menemukan cara efektif dalam pelaksanaan PJJ dapat dijadikan back practice sehingga dapat dideseminasikan dan dinilaikan dalam PAK.

Sri Hartantiningrum,  Pengawas SMP Kabupaten Wonogiri selaku narasumber menyampaikan materi utama yaitu Silabus, RPP dan lampirannya.  Dalam paparannya narasumber menyampaikan agar guru dapat  merumuskan IPK, tujuan pempelajaran, mengembangkan silabus, menyususn RPP dan kegiatan pembelajaran.  Peserta mengikuti kegiatan secara interaktif dan antusias meskipun diselenggarakan secara virtual.   Banyak pertanyaan yang berkualitas dari peserta dan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber sehingga menjadi paham.  Sebagai tagihan peserta membuat silabus, RPP dan lampirannya yang akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan ditutup dengan pesan dari narasumber untuk mendiskusikan materi di MGMP tingkat sekolah, subrayon dan rayon sehingga berdampak pada peningkatan kompetensi siswa dalam menyongsong masa depannya.  Salam IPA (Integritas, Peduli, Amanah).