MGMP IPA SMP Subrayon 03 Tuntaskan KKG Pengembangan Media Pembelajaran

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Subrayon 03 adakan inservice 3 untuk mengakhiri Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 4. KKG dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran” ini diselenggarakan secara virtual melalui  Microsoft Teams pada Sabtu 31 Juli 2021. Kegiatan ini merupakan KKG paket 4 dari 5 paket yang telah diagendakan MGMP IPA Rayon Wonogiri dan diikuti guru IPA Subrayon 03 Baturetno. Sebanyak 51 peserta bergabung di rapat yang dipandu oleh Bodro Nuryani sebagai host dan Fitria Etika Puri sebagai moderator. Kegiatan disambut oleh Slamet Widodo selaku Koordinator MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno. KKG ini menghadirkan narasumber Arif Jatmiko, Guru IPA SMP Negeri 1 Bulukerto

Meeting room pada kegiatan ini dibuka mulai pukul 08.30 WIB. Bodro Nuryani, Guru SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo selaku host mengawali kegiatan dengan menyapa peserta yang telah hadir dalam meeting room. Kegiatan Kolektif Guru Paket 4 inservice 3 ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan moderator Fitria Etika Puri, Guru SMPN 1 Baturetno. Kegiatan dibuka oleh moderator dengan membacakan susunan acara dan dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza.

Acara dilanjutkan dengan laporan panitia oleh Purwanto, Guru SMPN 2 Tirtomoyo mewakili ketua MGMP IPA Subrayon 03 Baturetno. Purwanto mengatakan adanya KKG ini merupakan salah satu solusi mencari media yang tepat di era pandemi. Selain Purwanto, Slamet Widodo juga memberikan sambutan pada acara ini. Dalam sambutannya, Slamet Widodo memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta.Slamet Widodo mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan dan mengajak peserta untuk selalu mengasah kreativitas agar bisa mendidik anak sesuai dengan jamannya.

Pada acara ini, Arif Jatmiko, Guru SMPN 1 Bulukerto selaku narasumber mengawali paparannya dengan mengingatkan peserta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Narasumber mengatakan di era pandemi ini dibutuhkan kreativitas untuk dapat mentransfer ilmu kepada peserta didik. Narasumber mengingatkan kembali materi yang telah disampaikan pada inservice 1 dan 2 tentang media pembelajaran berbasis web. Narasumber memaparkan media pembelajaran alternatif, yaitu media pembelajaran berbasis PowerPoint online. Pembuatan media pembelajaran berbasis PowerPoint online ini menggunakan template yang sudah disediakan. Narasumber menjelaskan langkah-langkah membuat media pembelajaran dengan PowerPoint online.

Dalam paparannya narasumber mempraktikkan secara langsung cara membuat PowerPoint online dari awal sampai diunggah. Narasumber juga mejelaskan langkah membagikan media pembelajaran yang telah dibuat kepada siswa. Narasumber menegaskan bahwa media pembelajaran dengan PowerPoint ini merupakan alternatif apabila peserta belum mampu membuat media pembelajaran menggunakan google site. Peserta bisa memilih salah satu media pembelajaran menggunakan google site atau PowerPoint online.

Setelah selesai memaparkan materi dari narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab. Beberapa peserta bertanya, narasumber menjelaskan dengan mempraktikkan secara langsung sehingga peserta lebih mudah memahami. Sebagai closing statement, narasumber mengatakan semoga pembuatan media pembelajaran tidak berhenti hanya dipenugasan, tapi bisa bermanfaat untuk peserta didik.

Moderator memberikan kesimpulan, di masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) media pembelajaran online sangat membantu guru dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor keberhasilan. Dengan media, peserta didik dapat termotivasi dan  memaksimalkan seluruh indra peserta didik dalam belajar. Selanjutnya moderator dan host menutup kegiatan.