MGMP IPA SMP Rayon Wonogiri Kupas Pengembangan Media Berbasis Website

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Wonogiri kembali menunjukkan keaktifannya. MGMP penyandang penghargaan “MGMP Paling Aktif” dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri ini menggelar Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 4 IN 2 dengan tema Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website. Pudi Sri Maryatmo, guru SMPN 1 Ngadirojo, tampil sebagai narasumber di kegiatan yang diadakan Sabtu (24/7) ini.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh host. Agung Widodo, guru SMPN 3 Jatisrono, bertindak sebagai host. Agung membuka kegiatan dengan menyapa para presenter dan peserta yang telah bergabung di media meeting Microsoft Teams. Agung selanjutnya membacakan susunan acara yang akan digelar.

Winarno selaku Koordinator MGMP IPA SMP Subrayon 04 memberikan sambutan di awal kegiatan. Winarno mengapresiasi langkah yang diambil pengurus MGMP IPA. Winarno juga memotivasi peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini secara aktif.

Kegiatan ini juga dihadiri M. Irianto Mewal, Koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri. Dalam sambutannya, beliau menyatakan materi pengembangan media pembelajaran sangat membantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). “Saya harapkan materi yang sudah dipaparkan para narasumber ini segera diterapkan, sehingga benar-benar berdampak langsung pada pembelajaran,” tambah Mewal. Selain itu, Mewal menyatakan bahwa guru IPA di mana pun selalu memegang peran penting di sekolah masing-masing. Sehingga, diharapkan MGMP IPA selalu menjadi MGMP terdepan di Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan kolektif guru Paket 4 dipandu oleh Agata Margareti yang bertindak sebagai moderator. Agata memandu jalannya acara dengan baik. Kegiatan yang diikuti lebih dari 150 peserta ini berlangsung dengan lancar.

Pudi Sri Maryatmo tampil prima di kegiatan ini. Pudi melanjutkan paparan narasumber sebelumnya, Agus Dwianto, mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis website. Kegiatan kolektif guru Paket 4 akan diadakan dalam 3 kali pertemuan dengan mengangkat tema pengembangan media pembelajaran berbasis website dan Powerpoint online. (AD)