MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri Selenggarakan KKG Paket 4

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Wonogiri kembali menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG). KKG kali ini merupakan paket 4 dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran”. Panitia penyelenggara yang bertugas pada KKG paket 4 ini MGMP IPA Subrayon 04 Jatisrono. Kegiatan dihadiri oleh koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, pengurus MGMP IPA Subrayon dan  162 guru IPA Kabupaten Wonogiri.  Kegiatan diselenggarakan secara virtual menggunakan Microsoft Teams pada Sabtu, 17 Juli 2021.

Bertugas  sebagai host pada KKG kali  ini  Agata Margareti guru SMP Negeri 1 Jatipurno dan moderator  Deny Iwan Saputro guru SMP Negeri 1 Sidoharjo.  Sebelum acara dimulai,  Agata Margareti selaku host  menyapa  satu per satu peserta yang masuk room meeting.  Meskipun diselenggarakan secara virtual peserta memasuki meeting room dengan penuh semangat sejak pukul 08.00 WIB.  Kegiatan dibuka oleh host dengan membacakan susunan acara dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza.

Acara dilanjutkan dengan sambutan pertama oleh Sunarno selaku ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri.  Sunarno mengucapkan terima kasih kepada MGMP IPA subrayon 04 selaku penyelenggara KKG kali ini.  Sunarno juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan berpesan agar selalu menjalankan protokol kesehatan (5M) sebagai kebiasaan hidup baru di masa pandemi covid-19 ini.  Sunarno menyampaikan bahwa KKG paket 4 ini akan dilaksanakan secara online dalam 3 kegiatan.  Kegiatan in-1 dengan nara sumber Agus Dwianto guru SMP Negeri 1 Baturetno, in- 2 dengan narasumber Pudy Sri Maryatmo guru SMP Negeri 1 Ngadirojo dan in-3 diselenggarakan di masing-masing subrayon dengan narasumber yang kompeten di bidang penyusunan media berbasis power point online.

Sambutan kedua oleh M Irianto Mewal kepala SMP Negeri 3 Girimarto,  selaku koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri.  M Irianto Mewal mengucapkan terima kasih kepada pengurus MGMP IPA dan panitia atas terselenggaranya kegiatan ini.  M. Irianto Mewal mengajak seluruh guru IPA Kabupaten Wonogiri untuk bersyukur karena masih diberi kesempatan berkumupul dalam forum KKG ini meskipun dilaksanakan secara daring. Meskipun KKG dilaksanakan secara daring harus dilaksanakan dengan baik secara konsisten, konsekuen dan berkesinambungan karena merupakan bagian dari tugas keprofesian.  Tugas-tugas dalam KKG ini jangan membebani peserta namun demikian harus dikerjakan dengan baik karena sangat bermanfaat dalam menunjang pelaksanaan tugas keprofesian utamanya di masa pandemi covid-19 ini.  M Irianto Mewal menyampaikan bahwa pada saat pandemi covid-19 ini, guru IPA mempunyai tantangan untuk mempersiapkan media pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga siswa tertarik dan antusias dalam mengikuti PJJ mapel IPA secara online.

Narasumber pada KKG paket 4 ini adalah Agus Dwianto,  Guru SMP Negeri 1 Baturetno sekaligus sekretaris MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri. Di awal paparannya narasumber menyampaikan pengertian, fungsi dan tujuan media pembelajaran.  Selanjutnya Agus Dwianto memberikan petunjuk dan panduan awal yang perlu dipersiapkan dan dilakukan dalam membuat media pembelajaran berbasis website. Narasumber menyajikan materi dengan memberikan demo bagaimana cara menyusun media pembelajaran berbasis website secara runtut, sistematis dan sangat jelas.

Selesai paparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab. Kegiatan tanya jawab dilaksanakan melalui dua termin. Termin pertama peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber secara langsung dengan terlebih dahulu raise hand. Termin kedua narasumber menjawab pertanyaan peserta yang ditulis pada meeting chat. Pertanyaan peserta dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber.

Sebagai tagihan peserta diwajibkan untuk menyusun media pembelajaran berbasis website dengan materi sesuai dengan bahan ajar yang telah dibuat pada KKG paket 3 yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Kegiatan diakhiri dengan pernyataan penutup dari narasumber, bahwa saat ini kita berada pada  era digital sehingga di masa pendemi  guru IPA di kabupaten Wonogiri harus bisa memanfaatkan kesulitan menjadi kesempatan dan menghasilkan karya berupa media pembelajaran berbasis website yang bermanfaat dalam proses pembelajaran.