MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri Selenggarakan  KKG Paket 2

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) Paket 2.  KKG paket 2 ini mengambil tema “Pengembangan Instrumen Penilaian”.   Panitia yang bertugas pada KKG paket 2 ini adalah MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro.  Hadir pada kegiatan ini  koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, koordinator MGMP IPA SMP Subrayon, pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, pengurus MGMP IPA Subrayon dan  guru IPA Kabupaten Wonogiri. Kegiatan diselenggarakan secara virtual menggunakan Microsoft Teams, Sabtu, 3 April 2021.

Bertindak  sebagai host  KKG, Hartini guru SMP Negeri 2 Eromoko dan moderator  Paryanto guru SMP Negeri 3 Pracimantoro.  Pada pra acara host menyapa para peserta yang masuk room meeting.  Meskipun diselenggarakan secara virtual peserta memasuki meeting room dengan semangat.  Kegiatan dibuka oleh moderator dengan membacakan susunan acara dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Junarwan selaku ketua MGMP IPA SMP Subrayon 02 sekaligus ketua panitia, dalam sambutannya melaporkan kegiatan ini diikuti oleh guru IPA dari Subrayon 01, 02, 03, 04 dan 05 serta mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada semua yang hadir.  Sambutan selanjutnya oleh Sumardi kepala SMP Negeri 2 Wuryantoro,  selaku koordiantor MGMP IPA SMP Subrayon 02 Wuryantoro, beliau berharap agar kegiatan ini diikuti dengan baik sehingga bermanfaat bagi guru IPA di Kabupaten Wonogiri.

Narasumber  KKG paket 2 ini adalah Slamet Riyadi,  Pengawas SMP Kabupaten Wonogiri. Di awal  paparannya narasumber menyampaikan bahwa penilaian harus memberikan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak, baik yang dinilai, yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut.  Hasil penilaian akan akurat bila instrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan obyektivitas penilaian dapat dipertanggungjawabkan, untuk itu perlu dirumuskan prinsip-prinsip penilaian yang menjaga agar orientasi penilaian tetap pada jalur yang benar sejalan dengan pedoman yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.  Narasumber menyampaikan bahwa penilaian yang disusun meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, dan  Instrumen penilaian tersebut harus disusun oleh pendidik dan mengacu pada silabus dan RPP,  selanjutnya proses penilaian harus dilakukan tindak lanjut berupa program perbaikan dan pengayaan.  Program perbaikan dan pengayaan dilaksanakan dengan mempertimbangkan keberagaman kemampuan peserta didik baik dari aspek kognitif dan psikomotor.  Kegiatan perbaikan meliputi analisi kesulitan peserta didik, kegiatan pembelajaran remedial dan tes ulang.  Kegiatan pengayaan diberikan kepada peserta didik yang telah melampai KKM dan berfokus pada pendalaman maupun perluasan kompetensi yang dipelajari.

Setelah paparan materi dari narasumber dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab. Sebagai tagihan peserta diwajibkan untuk menyusun instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan silabus dan RPP yang telah dibuat yang akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan ditutup dengan pesan dari narasumber agar guru IPA di kabupaten wonogiri menjadi guru yang bermanfaat baik dalam tugasnya sebagai guru maupun dalam peran sertanya di masyarakat.