MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri Selenggarakan Diklat Fungsional Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP kabupaten Wonogiri bekerja sama dengan Dinas P dan K menyelenggarakan Diklat Fungsional Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK (google site).  Diklat ini  dihadiri oleh Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri, Koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri baik rayon maupun subrayondan 85 guru IPA Kabupaten Wonogiri. Diklat ini diselenggarakan dengan metode In-On-In secara virtual menggunakan Microsoft Teams. Kegiatan In-1 diselenggarakan pada Sabtu, 23 Oktober 2021 yang akan dilanjutkan dengan kegiatan In-2 pada 30 Oktober 2021 dan In-3 pada November 2021. Bertugas  sebagai host kali  ini  Parmo guru SMP Negeri 5 Wonogiri dan moderator Nur Widhi Hastuti guru SMP Negeri 2 Wonogiri. Kegiatan diawali oleh host dengan membacakan susunan acara dilanjutkan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza.  

Acara selanjutnya laporan panitia oleh Sunarno selaku ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri.  Sunarno mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan diklat kali ini. Beliau juga berpesan agar selalu menjalankan protokol kesehatan (5M) sebagai kebiasaan hidup baru di masa pandemi covid-19. Sunarno melaporkan  bahwa diklat fungsional ini merupakan realisasi  Program Kerja MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri tahun 2021. Tujuan diselenggarakannya diklat ini  agar guru IPA di Kabupaten Wonogiri memahami materi berupa kebijakan bidang pendidikan dan Kebudayaan, memahami pemanfaatan google site dan mengimplementasikannya dalam praktik baik pembelajaran di sekolah masing-masing, mampu memanfaatkan google site untuk pengembangan proses pembelajaran sehingga meningkatkan prestasi peserta didik.  Selain itu agar Guru IPA mampu memanfaatkan media google site sebagai Karya Inovatif (KI) yang bermanfaat bagi pengembangan kariernya.  

Sambutan pertama oleh M Irianto Mewal kepala SMP Negeri 3 Girimarto, selaku koordiantor MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri. M Irianto Mewal mengucapkan terimakasih kepada pengurus MGMP IPA dan panita atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau mengajak seluruh peserta  untuk bersyukur karena masih diberi kesempatan berkumpul dalam forum ini meskipun dilaksanakann secara daring. Beliau berpesan agar peserta diklat mengikuti kegiatan dengan tertib, disiplin dan menyelesaikan tugas-tugas sehingga bermanfaat bagi guru dalam kenaikan pangkat serta bermanfaat bagi siswa khususnya saat mengikuti PJJ secara online 

Narasumber kedua Yuli Bangun Nursanti Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri, sekaligus membuka kegiatan diklat fungsional ini dan dilanjutkan pemaparan materi kebijakan Dinas Pendidikan kabupaten Wonogiri. Beliau berharap agar 20 % dari tunjangan profesi yang diterima guru dimanfaatkan untuk peningkatan kompetensi dengan mengikuti berbagai diklat fungsional. Kepala Dinas P dan K Kabupaten Wonogiri berpesan agar guru IPA menyukseskan Program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bantuan kuota data yang diterima oleh siswa maupun guru harus digunakan dengan sebaik-baiknya.  Salah satu bentuk pemanfaatannya adalah membuat media pembelajaran online yang bisa dimanfaatkan oleh siswa. Media online yang cocok di masa beajar dari rumah (BDR) saat ini salah satunya media pembelajaran berbasis TIK (google site). 

Narasumber kedua pada kegiatan ini adalah Agus Dwianto,  Guru SMP Negeri 1 Baturetno sekaligus sekretaris MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri. Di awal paparannya narasumber menyampaikan tentang perencanaan media pembelajaran. Agus Dwianto memberikan petunjuk dan panduan awal yang perlu dipersiapkan baik bahan ajar maupun aset media.  Narasumber menyajikan materi dengan memberikan demo bagaimana cara menyusun media pembelajaran berbasis google site secara runtut, sistematis dan sangat jelas. 

Selesai paparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab, dengan cara  peserta mengajukan pertanyaan kepada narasumber secara langsung melaui raise hand maupun meeting chat. Pertanyaan peserta dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber.  

Kegiatan diakhiri dengan pernyataan penutup dari narasumber, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan dan akan dilanjutkan dengan materi pengembangan media pembelajaran berbasis TIK (google side) yang akan dipandu oleh narasumber Pudi Sri Maryatmo