MGMP IPA Rayon Wonogiri Pelajari Silabus dan RPP

MGMP IPA Rayon Wonogiri  kembali melaksanakan Kegiatan Kolektif Guru (KKG) tahun 2022 secara daring dengan tema Pengembangan Silabus dan RPP. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 16 April 2022 mulai pukul 09.00-12.00 WIB dengan narasumber Sri Hartantiningrum, Pengawas SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri dan dipandu host Hartini dari SMP Negeri 2 Eromoko dan moderator Budiyanti, guru SMP Negeri 2 Eromoko. Kegiatan ini diikuti 139 peserta dan dibuka dengan sambutan Ketua MGMP IPA Subrayon 02 Wuryantoro, Junarwan selaku tuan rumah kegiatan ini. Junarwan menyampaikan beberapa hal, antara lain memohon peserta tetap menjaga kesehatan, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada narasumber materi, Pengurus Rayon, Pengurus KKG Subrayon 02 sehingga kegiatan KKG IN 1 Paket 2 dapat terlaksana. Junarwan juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta KKG, walaupun dalam kondisi puasa tetap semangat dalam berkarya mengikuti kegiatan yang berguna bagi pendidikan. 

Kegiatan selanjutnya adalah sambutan Ketua MGMP IPA SMP Rayon Wonogiri, Sunarno yang merupakan guru IPA SMP Negeri 1 Wonogiri. Beliau juga mengucapakan terima kasih kepada narasumber, Tim KKG, dan peserta KKG 2022. Kegiatan berikutnya adalah paparan materi dari narasumber. Sri Hartantiningrum mengawali kegiatan inti dengan memaparkan materi Pengembangan Silabus dan RPP. Pemaparan materi diberikan dengan sangat jelas, mudah dimengerti, dan dipahami oleh peserta kegiatan. Beliau berharap bahwa pembelajaran harus dapat menumbuhkan  kompetensi siswa pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas “mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi,” sedangkan kompetensi keterampilan diperoleh dari melalui metode ilmiah melalui aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.” Dalam penyusunan Silabus maupun RPP harus mengikuti kaidah-kaidah yang ada. Misalnya dalam pengembangan silabus guru harus berpedoman pada komponen pengembangan silabus yang sudah ditetapkan yaitu bahwa silabus terdiri dari Identitas, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), karakter yang dikembangkan, materi, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Sedangkan RPP harus berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Semua peserta KKG harus mengikuti kaidah-kaidah tersebuat agar nantinya dalam penyusunan Silabus dan RPP yang dihasilkan lebih sempurna dan bermanfaat bagi pembelajaran IPA. 

Akhir kegiatan Budiyanti selaku moderator menyimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran akan berhasil sesuai yang diharapkan jika perencanaan dibuat secara matang dan benar-benar mempermudah proses pembelajaran. Untuk itu memohon untuk semua peserta KKG benar-benar mengambil manfaat dari kegiatan yang telah diselenggarakan ini.