MGMP IPA  Rayon 12 Wonogiri Sukseskan KKG Paket 5 Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Rayon 12 Wonogiri menyelenggarakan KKG paket 5 inservis 1 dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran”, yang dilaksanakan secara daring melalui Microsoft Teams diikuti oleh guru IPA SMP di Kabupaten Wonogiri Sabtu, 7 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari KKG MGMP IPA Rayon 12 Wonogiri yang dilaksakan secara bertahap dari paket 1 sampai paket 5. Bertindak sebagai host Arif Jatmiko, guru SMP Negeri 1 Bulukerto Wonogiri, mengawali kegiatan dengan menyapa seluruh peserta yang tergabung dalam KKG  pada pukul 08.00 WIB acara dimulai, dan dilanjutkan pemutaran lagu Indonesia Raya 3 stanza.

Ketua MGMP Rayon 12 Wonogiri Sunarno guru SMP Negeri 1 Wonogiri, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta yang aktif mengikuti KKG dan menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan. KKG paket 5 pengembangan alat peraga pembelajaran ini dilaksanakan 2 kali inservis dan 1 kali onservis. Hal ini dikarenakan pembuatan alat peraga pembelajaran kali ini masih dalam keadaan pandemi covid 19, dan disesuaikan dengan proses pembelajaran daring yang sekarang ini masih dilakukan untuk menarik perhatian peserta didik.

Beliau mengapresiasi dan mendukung KKG yang diselenggarakan oleh MGMP, apa yang kita rasakan di masa pandemi ini juga memiliki dampak untuk mengeksplor kemampuan kita dibidang teknologi informasi. Seperti pengembangan alat peraga pembelajaran ini, kita akan mendapatkan produk untuk mempermudah proses pembelajaran jarak jauh yang sekarang ini dilaksanakan, sekaligus bisa untuk kenaikan pangkat karena alat peraga ini bisa di nilaikan sebagai karya ilmiah. Acara selanjutnya moderator Agus Riyanto,  guru SMP Negeri 1 Puhpelem menyampaikan curriculum vitae narasumber dan teknis pelaksanaan kegiatan yang terdiri atas paparan materi oleh narasumber dan tanya jawab serta diakhiri closing statement oleh narasumber.

Narasumber  KKG paket 5 inservis 1 kali ini ini adalah Marseno Aji, Kepala SMP Negeri 3 Slogohimo Wonogiri. Di awal  paparannya narasumber menyampikan tujuan pertemuan kali ini yaitu membuat alat peraga pembelajaran alternatif untuk mempermudah proses pembelajaran dan merupakan salah satu karya ilmiah yang bisa dinilaikan serta akan menambah angka kredit  yang akhirnya bisa untuk kenaikan pangkat. Marseno Aji anggota tim penilai angka kredit kabupaten Wonogiri menjelaskan bahwa alat peraga pembelajaran ini hanya merupakan salah satu karya ilmiah, masih banyak karya ilmiah yang bisa dibuat oleh seorang guru (menemukan teknologi tepat guna, menemukan/menciptakan karya seni, membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/ pratikum, mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal,dan sejenisnya pada tingkat propinsi/nasional), selanjutnya narasumber menyampaikan cara dan langkah pembuatan alat peraga pembelajaran berdasarkan buku 4 dan penolakan karya ilmiah sesuai buku 5. Tahapan-tahapan yang dijelaskan narasumber sangat jelas dan mudah diikuti oleh peserta KKG.

Setelah selesai paparan materi dari narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab, dengan cara raise hand dan di lanjutkan secara chat. Beberapa peserta bertanya tentang cara membuat laporan jika ingin menilaikan hasil karya ilmiahnya yang berupa alat peraga pembelajaran dan narasumberpun menjawab dengan jelas dan gamblang, sehingga peserta KKG mempunyai gambaran dan tidak ragu lagi dalam mengajukan karya ilmiah sebagai pemenuhan nilai angka kredit. Selanjutnya host menutup KKG paket 5 inservis 1 dan panitia MGMP akan memprogramkan KKG setelah semua peserta mengumpulkan tugas paket 1 – 5, kemudian menerbitkan sertifikat bagi peserta KKG. Panitia menyampaikan bahwa setelah KKG ini akan dilanjutkan Diklat pembuatan best pratice.