MGMP IPA Kupas Tuntas Soal AKM 2021

Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP) IPA SMP Kabupaten Wonogiri kembali mengadakan kegiatan webinar dengan tema “Kupas Tuntas Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Tahun 2021” melalui Platform Microsoft Teams, Sabtu 6 Februari 2021.

Bertugas sebagai host pada kegiatan webinar tersebut adalah Assani Nugroho, guru SMP Negeri 1 Giritontro. Widodo, guru SMP Negeri 1 Sidoharjo selaku moderator mengawali webinar dengan pembukaan dan pembacaan susunan acara. Beliau berdua melaksanakan tugas dengan baik sehingga webinar berjalan lancar hingga akhir acara.

Sunarno, guru SMP Negeri 1 Wonogiri selaku ketua MGMP IPA SMP Rayon Wonogiri melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu  program kerja MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri Tahun 2021 yang bertujuan agar guru IPA dapat mengetahui jenis soal dalam AKM tahun 2021.

Sambutan pertama disampaikan oleh Koordiantor MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri, Muhammad Irianto Mewal, yang juga menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 3 Girimarto. Beliau mengucapkan terima kasih kepada pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Wonogiri yang telah mengadakan kegiatan webinar “Kupas Tuntas Soal AKM Tahun 2021” dan semoga dapat bermanfaat bagi guru-guru IPA di Kabupaten Wonogiri dalam mempersiapakan Asesmen Nasional Tahun 2021.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa Asesmen Nasioanal dirancang untuk memotret mutu input, proses, dan hasil belajar yang mencerminkan kinerja sekolah sebagai umpan balik berkala yang objektif dan komprehensif bagi manajemen sekolah dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Selaku narasumber pada kegiatan tersebut Ernika Sondang Sugi Hastuti Sinaga. Tugas kedinasan beliau sebagai guru SMP Negeri 14 Pekalongan yang sekaligus menjadi penulis soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca tahun 2020. Narasumber menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan AKM serta memaparkan jenis teks dan kontek teks baik personal, sosial budaya, maupun saintifik. Kegiatan ini mendapatkan antusiame luar biasa dari peserta webinar, terlihat dari jumlah peserta kegiatan mencapai 214.