MGMP IPA Kabupaten Wonogiri  Tuntaskan Diklat Media Pembelajaran Berbasis TIK

MGMP IPA Wonogiri di akhir tahun 2021 kembali menuntaskan agenda kegiatan yang telah diprogramkan, yaitu “Diklat Media Pembelajaran Berbasis TIK” (Sabtu, 6/11/2021). Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup dari serangkaian kegiatan yang diselenggarakan secara In-On-In. Kegiatan diklat dilaksanakan  secara virtual melalui Video Conference (Vicon) mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan narasumber Marseno Aji  yang merupakan Kepala SMP Negeri 2 Girimarto sekaligus merupakan anggota Tim Penilai PAK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, dipandu host Sri Hartono guru SMP Negeri 1 Selogiri dan moderator Sri Purwaningsih Trisnowati guru SMP Negei 2 Selogiri dibantu Teguh guru SMP Negeri 1 Puhpelem.

Kegiatan ini diikuti 85 Peserta dan dibuka dengan sambutan Ketua MGMP IPA Rayon Wonogiri Sunarno. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta diklat yang dengan tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian dari awal hingga akhir kegiatan diklat ini. Beliau berpesan agar seluruh pengurus MGMP, panitia diklat, dan peserta diklat untuk selalu menjaga irama dalam menyelesaikan kegiatan diklat ini. Sebagai indikator telah menyelesaikan rangakai diklat adalah dengan telah mengirimkan tagihan atau tugas melalui link yang telah disediakan. Sunarno juga menyampaikan bila peserta ada kesulitan dalam menyelesaikan tugas, peserta dapat berkonsultasi dengan narasumber melalui WA grup yang telah diikuti.

Sambutan selanjutnya adalah dari Koordinator MGMP IPA Kabupaten Wonogiri yaitu M. Irianto Mewal yang merupakan Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Girimarto. Beliau memberikan ucapan selamat kepada ketua dan jajaran pengurus MGMP IPA Rayon Wonogiri yang berhasil mengadakan “Diklat Media Pembelajaran Berbasis TIK” ini. Selanjutnya dengan telah selesaianya kegiatan diklat ini diharapkan semua peserta berhasil mendapatkan sertifikat diklat yang nantinya dapat dinilaikan pada HAPAK tahun 2021.

Kegiatan selanjutnya adalah inti kegiatan yang diisi oleh narasumber Marseno Aji. Beliau mengawali materi dengan menekankan bahwa dalam proses pembelajaran manfaat media pembelajaran harus berbeda dengan tanpa menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran harus lebih baik hasilnya pada proses pembelajaran bila dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran. Selanjutnya sesuai materi yang telah ditentukan Beliau kemudian menjelaskan bagaimana cara menyusun laporan Karya Inovatif (KI) Media Pembelajaran Berbasis TIK agar dapat dinilai oleh Tim PAK yang nantinya dapat digunakan untuk naik pangkat oleh peserta. Salah satu pembahasannya bahwa bahasan karya inovatif mencakupi pengertian, karakteristik, dan penilaianya harus sesuai dengan Buku 4 dan 5 Pembinaan Pengembangan Profesi Guru. Beliau juga menekankan bahwa kriteria alat peraga/pelajaran adalah berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu dalam pembelajaran/bimbingan, pelaksanaan proses pembelajaran/bimbingan menjadi lebih jelas dan efektif. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta dengan narasumber yang dipandu oleh moderator.

Akhir kegiatan Sri Purwaningsih Trisnowati selaku moderator menyimpulkan bahwa indikator pencapaian  kegiatan ini adalah dengan pengumpulan tugas yang telah diselesaikan oleh peserta. Untuk itu memohon untuk semua peserta benar-benar mengambil manfaat dari kegiatan yang telah diselenggarakan ini.